Loading...
DUNIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 10:59 WIB | Rabu, 26 November 2014

Sepatu Korban Holocaust Dicuri di Museum Polandia

Majdanek Museum mendisplay 36.000 sepatu milik korban Holocaust. (Foto: bbc.com)

LUBLIN, SATUHARAPAN.COM – Delapan sepatu milik korban Holocaust Yahudi telah dicuri dari Museum Majdanek, dekat Lublin Polandia, kata seorang polisi. Pencurian itu diperkirakan terjadi antara 18 hingga  20 November lalu.

 Delapan sepatu sepatu dilaporkan hilang setelah seorang karyawan museum menyadari jaring kawat yang menjadi pengaman sepatu-sepatu tersebut telah dipotong. Sepatu tersebut bagian dari 56.000 sepatu yang dipamerkan.

Lebih dari 78.000 orang dikirim ke kamar gas di Majdanek yang dibangun oleh Nazi pada tahun 1941 dan ditinggalkan pada tahun 1944.

Polisi mengatakan mengatakan pencurian itu merupakan sebuah kehilangan besar bagi museum karena benda-benda yang ada dalam museum tersebut memiliki nilai sejarah yang besar.

Sebelumnya pada 2013, abu korban dan topi tahanan juga dicuri di museum ini. Topi tahanan Yahudi yang dicuri dari Majdanek Museum kemudian berhasil ditemukan oleh Biro Investigasi Federal (FBI) setelah pencuri mencoba menjualnya secara online.

Sedangkan abu korban yang dicuri dari krematorium pada 1989 tidak berhasil ditemukan.

Di Jerman, gerbang besi bertuliskan slogan Nazi "Arbeit Macht Frei" dicuri pada Oktober lalu.

Pencurian benda-benda sejarah ini tentu memprihatinkan. Padahal, seorang juru bicara dari museum di Polandia mengatakan, tujuan museum dibuka untuk umum ialah menunjukkan kejahatan Nazi pada masa itu. (bbc.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home