Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 01:12 WIB | Minggu, 09 Februari 2020

Sepeda Motor Listrik di Thailand Naik 12 Kali Lipat Berkat Kebijakan Ramah Lingkungan

Mobil listrik Toyota. (Foto: Shutterstock)

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM - Jumlah sepeda motor listrik yang terdaftar di Thailand melonjak 12 kali lipat menjadi 5.020 unit tahun lalu, seperti dilaporkan Pusat Penelitian Otomotif Generasi Selanjutnya Kementerian Perindustrian Thailand.

Kementerian Perindustrian Thailand dalam beberapa tahun ini telah mendorong para pengendara untuk beralih dari energi berbasis bahan bakar ke energi ramah lingkungan alternatif, seperti listrik.

Berdasarkan statistik 2019, sepeda motor listrik yang terdaftar terdiri dari 4.229 kendaraan listrik hybrid (hybrid electric vehicles/HEV) dan 791 kendaraan listrik baterai (battery electric vehicles/BEV), menurut laporan penelitian otomotif itu.

Pada Desember 2019, produksi sepeda motor di Thailand tumbuh 7 persen secara tahunan (year on year), didorong oleh produksi sepeda motor komuter dan motor sport dengan kapasitas mesin di atas 400cc.

Pada basis tahunan, produksi sepeda motor lebih rendah dari yang diperkirakan, dan penjualan sepeda motor turun 17 persen akibat musim kemarau yang melemahkan daya beli para petani, kata laporan tersebut.

Sementara itu, jumlah penjualan sepeda motor dengan kubikasi mesin 251-399cc tercatat tumbuh stabil karena popularitasnya yang kian meningkat di kalangan pembeli.

Ekspor sepeda motor berdasarkan volume turun 3 persen dari tahun sebelumnya dikarenakan pengekspor beralih dari sepeda motor kecil ke motor besar. Namun, nilai ekspor mereka melonjak hampir dua kali lipat.

Tahun lalu, produksi sepeda motor di Thailand turun 6 persen menjadi 1,95 juta unit.

Sementara penjualan lokal merosot 4 persen menjadi 1,72 juta unit.

Volume ekspor menyusut 2 persen menjadi 364.050 unit, namun nilainya meningkat 26 persen menjadi 1,7 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp13.647).

Federasi Industri Thailand sebelumnya memperkirakan bahwa produksi sepeda motor akan mencapai 2,1 juta unit tahun ini, atau naik 8 persen.

Lebih lanjut, mereka memperkirakan bahwa ekspor sepeda motor akan meningkat 10 persen menjadi 400.000 unit berkat popularitas sepeda motor dengan kapasitas mesin besar. (Xinhua)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home