Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 03:18 WIB | Kamis, 31 Oktober 2019

Setelah Baghdadi, Nadia Murad: Bagaimana dengan yang Lain?

Peraih Hadiah Perdamaian Irak Nadia Murad menyampaikan pidatonya saat Upacara Penghargaan Hadiah Perdamaian di Balai Kota Oslo di Oslo. (Foto: Reuters)

PBB, SATUHARAPAN.COM - Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian Nadia Murad mengatakan bahwa kematian Abu Bakar al-Baghdadi oleh serangan AS di akhir pekan kemarin tidak cukup untuk mengkompensasi kekejaman yang dilakukan ISIS.

"Kami tidak ingin hanya melihat ISIS, seperti Baghdadi, terbunuh. Kami ingin melihat keadilan,” kata Murad, seorang Yazidi yang selamat dari penahanan tiga bulan di Irak pada 2014 di tangan ISIS.

Murad menjadi suara untuk Yazidi minoritas, mendirikan sebuah organisasi untuk membantu perempuan dan anak-anak yang menjadi korban genosida, kekejaman massal, dan perdagangan manusia.

Murad, yang memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian 2018 atas upayanya untuk mengakhiri penggunaan kekerasan seksual sebagai senjata perang, adalah seorang perempuan Yazidi Irak yang diperbudak dan diperkosa oleh kombatan ISIS di Mosul, Irak, pada 2014. Beberapa saudara laki-lakinya dibunuh ISIS dan istri-istri mereka juga ditawan.

ISIS merebut area besar di Irak dan Suriah pada 2014 dan mendirikan sebuah kekhalifahan Negara Islam di bawah al-Baghdadi, yang mulai runtuh di bawah serangan yang dipimpin AS.

Murad mengatakan kepada wartawan di PBB pada Rabu (30/10), bahwa dia telah berbicara dengan beberapa orang Yazidi yang selamat tentang kematian Baghdadi.

"Awalnya saya berbicara dengan ipar perempuan saya," kata Murad. "Semua orang berkata: "OK, tapi ini hanya Baghdadi, bagaimana dengan semua ISIS (militan) ini?"

"Bagaimana dengan mereka yang memperkosa kita? Mereka menjual kami, mereka masih memiliki anak perempuan kami, mereka masih memiliki anak-anak kami - sekitar 300.000 Yazidi masih hilang, kami tidak tahu apa-apa tentang mereka," katanya.

Para pakar AS pada Juni 2016 memperingatkan bahwa Negara Islam melakukan genosida terhadap Yazidi di Suriah dan Irak untuk menghancurkan komunitas agama minoritas melalui pembunuhan, perbudakan seksual, dan kejahatan lainnya.

Militan Negara Islam menganggap Yazidi sebagai pemuja setan. Iman Yazidi memiliki unsur-unsur Kristen, Zoroastrianisme dan Islam.

"Ada ribuan ISIS, mereka bergabung dengan al Baghdadi dan mereka terus melakukan apa yang dia lakukan," kata Murad. "Jadi bukan hanya Baghdadi, kita harus tahu ada ribuan ISIS seperti Baghdadi ... dan mereka tidak menyerah."

"Kami ingin melihat mereka dalam keadilan," katanya.

Tim investigasi AS, yang dibentuk Dewan Keamanan AS, sedang mengumpulkan dan menyimpan bukti tindakan Negara Islam di Irak yang mungkin merupakan kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan atau genosida. Murad dan pengacara hak asasi manusia Amal Clooney telah lama mendorong Irak untuk mengizinkan penyelidik AS membantu.

“Mereka yang ditangkap hidup-hidup perlu dibawa ke pengadilan di pengadilan terbuka agar dunia bisa melihatnya. Peradilan adalah satu-satunya tindakan yang dapat diterima,” tulis Murad di Twitter, Minggu (28/10).

"Kita harus menyatukan dan meminta pertanggungjawaban teroris #ISIS dengan cara yang sama seperti dunia mengadili Nazi di pengadilan terbuka di Pengadilan Nuremberg." (AFP/Reuters)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home