Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 09:03 WIB | Selasa, 01 September 2015

Setiap Daerah Memiliki Komitmen Berbeda-beda Melatih Atlet

Tigor Tanjung saat memberi pengarahan kepada para pelatïh cabang atletík yang akan diberangkatkan ke Jerman pada Minggu (6/9) mendatang. (Foto: Prasasta Widiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Perkembangan cabang atletik di Indonesia berbeda-beda oleh karena itu tidak heran terdapat perbedaan cukup signifikan dalam jumlah atlet yang akan berpartisipasi pada Kejuaraan Atletik Nasional (Kejurnas) 2015 di Jakarta, mulai Selasa (1/9) sampai dengan Sabtu (5/9).

“Perkembangan atletik di tiap-tiap daerah tidak sama,”  kata Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (Sekjen PB PASI), Tigor Tanjung kepada satuharapan.com di Stadion Madya Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno, hari Senin (31/8).

Tigor menyebut komitmen tiap daerah dalam membina atlet berbeda-beda, dan minat menjadi atlet di cabang olah raga atletik juga berbeda dari satu daerah dan daerah lainnya, dia mencontohkan ada perbedaan tersebut dalam jumlah atlet yang akan berpartisipasi di Kejuaraan Atletik Nasional..

“Sama aja kan  kalau di kejuaraan dunia, atlet kita (Indonesia) yang berpartisipasi di kejuaraan dunia cuma berapa tetapi kalau dari Amerika kan bejibun,” dia menambahkan.

Ketua Panitia Pelaksana Kejurnas Drs Dwi Prijono, M,Pd Jumat (28/8) mengatakan banyak daerah mengirimkan atlet kategori usia yunior dan senior, menurut Prijono tahun ini tercatat ada 742 atlet yang terdiri dari 492 atlet putra dan 250 atlet putri telah terdaftar di panitia Pelaksana Kejurnas PB PASI. 

Dari jumlah 742 atlet yang telah menyatakan keikutsertaanya di Kejurnas kali ini, kontingen terbesar datang dari propinsi Jawa Barat dengan atlet berjumlah 62 orang. Diikuti kontingen Jawa Tengah dengan 55 Atlet dan tuan rumah DKI Jakarta yang mengirim 54 Atlet terbaiknya.

“Kontingen terkecil datang dari Kepulauan Riau, yang hanya mengirim 1 atletnya. Beberapa atlet nasional dan mantan atlet nasional sepert Dedeh Erawati, Triyaningsih dan mantan sprinter nasional Suryo Agung Wibowo,  akan ikut berlaga di Kejurnas 2015,” kata Prijono.

Jadwal Kejurnas Atletik 2015

Kejurnas Atletik dibuka Selasa (1/9) di Stadion Madya Senayan, Jakarta dengan mempertandingkan jalan cepat. Lokasi start lomba jalan cepat di Pintu VII Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta, finish akan digelar di Stadion Madya Senayan, Jakarta.

Hari kedua Rabu (2/9) sampai dengan hari terakhir Sabtu (5/9) Kejurnas Atletik, akan digelar di Stadion Gelanggang Olah Raga Rawamangun, Jakarta. Waktu penyelenggaraan terbagi dua, yang pertama mulai pukul 07:00 sampai dengan pukul 08:35. Kemudian yang kedua adalah sesi sore mulai pukl 15:00 sampai dengan pukul 17:15.

Pada hari kedua mempertandingkan lari nomor 500 meter putra, 200 meter putra dan putri, 1500 meter putra dan putri, 100 meter gawang putri, tolak peluru (7,26 kilogram) putra, tolak peluru junior (6 kilogram), lempar cakram putri, lompat tinggi putra, lompat jauh putra, lontar martil junior (6 kilogram) putra, lontar martil senior (7,26 kilogram) putra.

Hari ketiga Kamis (3/9) akan mempertandingkan lari nomor 5000 meter putri, 800 meter putri, 400 meter putra dan putri, 110 meter gawang putra, 110 meter gawang junior putra, 100 meter gawang putri,  lompat jangkit putra, lempar lembing putri, lompat tinggi galah putra, lontar martil putri, lempar cakram putra, lempar cakram junior putra.

Hari keempat  Jumat (4/9) akan mempertandingkan lari nomor 10.000 meter putra, 400 meter gawang putra dan putri, lempar lembing putri, 100 meter putra, 800 meter putra dan putri, lompat jauh putra, 400 meter putra, 4 x 100 meter estafet putri dan putra, tolak peluru, lompat jauh putri, lempar lembing putra, tolak peluru putri, lompat tinggi putra.

Hari kelima Kejurnas Atletik akan mempertandingkan lari nomor 1.500 meter putra, 10.000 meter putri, 110 meter gawang putra, 100 meter putri dan putra, lempar cakram putra, 4 x 400 meter estafet putri dan putra, lompat tinggi galah putra, 100 meter putri dan putra, lompat tinggi putri, lompat jangkit putri.

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home