Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 19:08 WIB | Selasa, 01 September 2015

Shakira Desak Pemerintah Dunia Jamin Pendidikan Anak-anak

Peluncuran #UpForSchool oleh Shakira di Instagramnya.

SATUHARAPAN.COM – Penyanyi termasyhur asal Kolombia, Shakira mendesak pemerintah-pemerintah di seluruh dunia untuk menjamin pendidikan seluruh anak. Ia lakukan dengan kreatif, yaitu menjadi duta petisi #UpForSchool.

Perempuan bernama lengkap Shakira Isabel Mebarak Ripoll ini meminta 102 juta pengikut di Facebook, 33 juta di Twitter dan 11 juta di Instagram untuk berbagi pesan bahwa setiap anak di setiap negara harus sekolah dan belajar.

 

#UpForSchool. Shakira Mebarak. Barcelona, Spain With this hashtag, I'm standing #UpForSchool -...

Posted by Shakira on 27 Agustus 2015

Penyanyi berdarah Lebanon ini memang dikenal sebagai pendukung gigih untuk pendidikan anak-anak di negara asalnya dan di seluruh dunia. Ia telah menjadi juru kampanye penting untuk Petisi #UpForSchool. Lebih dari delapan juta orang telah menandatangani petisi yang akan diserahkan pada Majelis Umum PBB pada akhir September.

Petisi ini berisi desakan kepada para pemimpin dunia untuk memenuhi janji mereka untuk memberi akses sebesar-besarnya pada anak—perempuan dan laki-laki—ke sekolah dengan mengatasi hambatan, termasuk pekerja anak, pernikahan anak, diskriminasi, dan konflik.

Dalam halaman Facebook dan Instagram, Shakira mengunggah slogan kampanye, nama dan lokasi nya. Dengan tanda pagar #UpForSchool. Shakira Mebarak. Barcelona, ​​Spanyol. Ibu dua anak berusia 38 tahun ini meminta penggemarnya—dalam bahasa Inggris dan Spanyol—untuk melakukan hal yang sama di komentar di bawah pernyataannya.

Dia mengatakan, “Tidak pernah ada waktu yang lebih penting—kita memiliki kurang dari dua bulan untuk membuat suara kita didengar. Tambahkan pesan kepada para pemimpin dunia untuk mengatakan mengapa Anda pikir semua orang harus dapat pergi ke sekolah—mereka akan ingin tahu mengapa Anda ikut gerakan #UpForSchool!”

Shakira saat pembukaan Fundacion Pies Descalzos di Kolombia. (Foto: Facebook)

Wendy Romo dari Guadalajara, Meksiko, berkomentar, “Semua anak memiliki hak untuk pergi ke sekolah tetapi suara mereka tidak sering mendengar.” Abi Rami dari Tamil Nadu, India, mengatakan, “Saya percaya dalam pendidikan untuk segala hormat saya untuk Anda Shakira.” Dan Carolina Sartor dari Cricuma, Brasil, menambahkan, “Pendidikan sangat penting untuk membuat dunia yang lebih baik.”

Di Twitter, ia kembali membujuk fans-nya untuk menandatangani #UpForSchool dan menggunakan Kartu Twitter dalam tweet berbahasa Spanyol. Hal ini memungkinkan pengikut untuk menandatangani petisi sana dan kemudian tanpa harus meninggalkan Twitter

Shakira adalah pendiri Barefoot Foundation (Fundacion Pies Descalzos), yang ia diciptakan pada tahun 1997 untuk mendukung anak-anak miskin dan rentan di Kolombia. Yayasan ini telah membangun sekolah-sekolah sebagai bagian dari misinya untuk memberikan pendidikan publik berkualitas tinggi. Ia juga menawarkan inisiatif pengembangan anak usia dini di sekolah-sekolah.

Shakira berdiskusi dengan anak-anak Azerbaijan tentang kekuatan pendidikan. (Foto: Facebook)

Perempuan yang namanya dalam bahasa Arab berarti ‘syukur’ juga merupakan Duta UNICEF dan pada tahun 2010 ia dianugerahi medali badan PBB untuk menjadi “duta besar hak anak-anak dan orang muda untuk pendidikan yang berkualitas dan keadilan sosial”.

Ben Hewitt, Direktur Kampanye A World at School, mengatakan, “Dalam beberapa minggu pemimpin dunia bertemu di PBB untuk membuat keputusan penting yang akan menentukan agar anak-anak di seluruh dunia dapat pergi ke sekolah, tidak peduli siapa mereka atau di mana mereka berada lahir.”

“Kita tahu bahwa tidak ada perubahan tanpa tekanan dan Shakira menghubungkan dengan ratusan juta orang di setiap negara di seluruh dunia dan meningkatkan suara mereka di balik kampanye ini penting. Ini merupakan momen kunci untuk tindakan dan dunia pemimpin perlu tahu bahwa orang-orang ingin melihat perubahan yang nyata.”

“Shakira menggunakan cara-cara baru yang inovatif untuk membuat orang untuk menandatangani #UpForSchool. Ini sekarang menjadi petisi terbesar yang pernah ada pada pendidikan, dan menghubungkan pribadi dengan jutaan orang di Facebook, Twitter, dan Instagram.”

“Shakira telah menjadi juara dunia untuk pendidikan selama bertahun-tahun. Ini adalah inspirasi untuk melihat dia sekarang memimpin muatan atas nama 59 juta anak putus sekolah.” (aworldatschool.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home