Loading...
BUDAYA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:06 WIB | Kamis, 16 November 2017

Shakira Tunda Tur Eropa karena Pendarahan Pita Suara

Shakira. (Foto: Dok satuharapan.com/un.org/Eskinder Debebe)

SATUHARAPAN.COM – Penyanyi Shakira harus menunda tur Eropa yang bertajuk “El Dorado World Tour” sampai 2018, karena menderita perdarahan pada pita suaranya.

Penyanyi berusia 40 tahun tersebut dijadwalkan memulai turnya di Jerman pada 8 November lalu, namun terpaksa undur diri dari acara pembukaan demi mencegah kerusakan suaranya tidak bertambah parah.

Ia masih berharap bisa pulih secepatnya menjelang konser terjadwal berikutnya di Paris pada 10 November. Namun, pada 13 November, ia, seperti diberitakan femalefirst.co.uk, mengeluarkan pernyataan yang mengungkapkan adanya kerusakan pada pita suaranya sebelah kanan. Ia meminta maaf kepada penggemarnya , anak-anak, dan tim, karena tidak bisa tampil untuk mereka.

Atas saran dokter, pelantun lagu terkenal Hips Do Not Lie yang juga dikenal sebagai Utusan Khusus Badan PBB untuk Anak-anak (UNICEF) itu, memutuskan untuk menjadwal ulang pentas kelilingnya sampai tahun 2018.

Dalam pernyataan yang diunggah dalam dua bahasa, Spanyol dan Inggris, Shakira menulis, “Kepada teman dan semua penggemar, selama lima bulan terakhir saya sepenuhnya mendedikasikan untuk mempersiapkan Tur Dunia El Dorado. Namun, beberapa hari terakhir ini, tepat sebelum konser pertama, saya menghadapi masa terberat dalam perjalanan karier.”

“Pada akhir Juli, saya menjalani pemeriksaan rutin, sebelum mulai merancang tur ini, dan dokter memastikan bahwa pita suara saya ada dalam kondisi sempurna.”

“Menjelang akhir Oktober, di tempat latihan di rumah, saya merasakan suara serak yang aneh yang mengganggu.”

“Dari pemeriksaan, para dokter mendeteksi bahwa saya telah mengalami pendarahan di pita suara bagian kanan. Saya kemudian memutuskan istirahat berolahvokal seperti yang direkomendasikan dokter spesialis, dalam upaya agar pulih tepat pada waktunya untuk pertunjukan pertama saya di Cologne.”

“Sayangnya, pendarahan tampaknya tak juga berhenti dan mimpi buruk saya terus berlanjut. Saat ini saya terus berjuang sekuat tenaga untuk pulih sepenuhnya.”

 “Sungguh menyakitkan tidak bisa tampil menyanyi di bulan ini, juga sedih melihat mereka telah melakukan banyak hal, bahkan hingga yang mustahil, untuk mendapatkan tiket, juga untuk yang menemani saya ke berbagai negara di Eropa.”

“Untuk tim saya, 60 orang, yang telah bekerja siang dan malam sampai hari terakhir untuk membantu menghadirkan pertunjukan terbaik dari karier saya, dan siapa pun, seperti saya, yang sangat menginginkan memulai tur ini.”

 “Untuk anak-anak, yang tentu sangat senang bisa bertemu dengan ibu mereka sesegera mungkin. Dan yang terpenting, penggemar saya, yang selalu berada di sisi saya dalam suka maupun duka, yang pantas mendapatkan yang terbaik dari diri saya.”

“Selama bertahun-tahun saya bernyanyi, tidak pernah menghadapi situasi seperti ini. Dengan berat hati, saya harus mengumumkan bahwa saya merasa harus menunda tur Eropa sampai tahun 2018, untuk pemulihan.”

 “Terima kasih kepada penggemar di seluruh dunia yang setia dan memahami keadaan saya, juga atas semua pesan dan ungkapan kasih sayang yang mereka sampaikan kepada saya, dan untuk doa-doa mereka.”

“Saya berharap bisa mengatasi masa-masa yang sulit ini dan kembali ke panggung sesegera mungkin, untuk sekali lagi mendengar suara kalian bernyanyi bersama saya.”

“Dengan penuh rasa cinta, dan saya tak akan melupakan siapa saja yang telah mendampingi saya selama ini, mengulurkan ungkapan persahabatan dan kasih sayang. Shakira (sic)”


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home