Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 22:35 WIB | Jumat, 01 Desember 2017

Siklon Tropis Dahlia Waspadai Bencana Hidrometeorologi

Ilustrasi. Siklon Tropis Dahlia (Foto: twitter.com/infobmkg)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Siklon Tropis Cempaka di Selatan Jawa melemah yang bergerak ke arah Barat Daya menjauhi perairan Indonesia, yang berdampak, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Selatan Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Lombok, dan menyebabkan angin kencang di wilayah Selatan Jawa, dan gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter di perairan Selatan Banten hingga Selatan Jawa Tengah, Samudera Hindia Selatan P Jawa. Hal ini diutarakan oleh Kepala BMKG, Prof Dr Dwikorita Karnawati, M Sc saat memberikan keterangan pers, Rabu (29/11) Sore, dilansir situs bmkg.go.id.

Sementara itu, adanya  peningkatan bibit siklon tropis di Barat Daya Bengkulu yang diberi nama Siklon Tropis Dahlia yang berada pada posisi 8.2 LS dan 100.8 BT (sekitar 470 km sebelah Selatan Bengkulu). Lahirnya siklon tropis Dahlia akan berdampak pada peningkatan hujan lebat, tinggi gelombang, angin kencang, maupun potensi kilat/ petir di beberapa wilayah di Indonesia. Dampak yang ditimbulkan seperti, hujan sedang hingga lebat di pesisir Barat Bengkulu hingga Lampung, Banten, dan Jawa Barat bagian Selatan.

Angin kencang > 20 knots (36 km/jam) di pesisir Barat Sumatera Barat hingga Lampung, Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat. Juga gelombang laut dengan ketinggian 2,5 - 4 meter di Perairan Kep Nias, Perairan Kep Mentawai, Samudera Hindia barat Aceh hingga Kep Mentawai. Bahkan gelombang laut dengan tinggi 4 - 6 meter di Perairan Enggano, Perairan Barat Lampung, Samudera Hindia Barat Enggano hingga Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten, Samudera Hindia Selatan Banten.

BMKG mengimbau kepada masyarakat agar waspada potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat terutama di daerah rawan banjir dan longsor terutama di daerah dataran rendah, daerah cekungan, bantaran kali atau sungai, perbukitan, lereng-lereng dan pegunungan. Juga mewaspadai potensi hujan, disertai angin kencang yang dapat menyebabkan pohon maupun papan reklame/baliho tumbang/roboh, dan tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat/petir.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG senantiasa membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui: call center 021-6546318, http://www.bmkg.go.id;, follow twitter @infobmkg;, aplikasi iOS dan android "Info BMKG", atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja

Back to Home