Google+
Loading...
RELIGI
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:57 WIB | Kamis, 12 Mei 2016

Simposium Musik PS Gereja 2016 di Universitas Maranatha

Ilustrasi. (Foto: maranatha.edu)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Bandung Choral Society bekerja sama dengan Universitas Kristen Maranatha Bandung, menyelenggarakan simposium musik paduan suara gereja (Symposium on Church Choral Music/SCCM), 9 - 12 Juni. 

Kegiatan yang tahun ini berlangsung kelima kalinya ini, seperti dirilis situs maranatha.edu, terbuka untuk penyanyi dan dirigen paduan suara, yang ingin mendapatkan waktu khusus untuk mendalami teori dan praktik dari ahli paduan suara, untuk semakin meningkatkan kualitas artistik individu dan paduan suara. Kegiatan ini diselenggarakan di Venue Universitas Kristen Maranatha Jl Prof drg Surya Sumantri No 65 Bandung.

Program simposium ini dirancang sejalan dengan kebutuhan untuk memberikan pengalaman yang beragam dan intensif, kegiatan yang berkesinambungan bagi penyanyi paduan suara dan para dirigen.

Simposium ini menghadirkan pembicara dan ahli paduan suara dari Indonesia dan berbagai negara, seperti Dr Andrew Clark, Prof Dr Andre de Quardos, Stacey V Gibbs dari Amerika Serikat, Paul Phoenix dari Inggris, Zion Jihoon Park dari Korea Selatan, Jennifer Tham dari Singapura, Anna Tabita Abeleda-Piquero dari Filipina, serta Billy Kristanto, Catharina W Leimena, Daud Kosasih, dan Tommyanto Kandisaputra dari Indonesia. 

Kegiatan SCCM 2016 

Pada acara pembukaan, peserta simposium akan diperkenalkan dengan pembicara, paduan suara undangan, dan menikmati konser pembukaan, berupa kolaborasi peserta paduan suara dengan Radcliffe Choral Society dari Universita Harvard Amerika Serikat. 

Peserta paduan suara, tersebut adalah peserta yang telah mendaftar secara khusus dalam program kolaborasi paduan suara (Choir Collaboration). Dalam kegiatan ini setiap peserta akan memperoleh pengayaan dalam pengetahuan dan keterampilan teknik paduan suara, sekaligus praktik dalam workshop dan kolaborasi dan juga mempelajari lagu-lagu dari berbagai daerah dan berbagai zaman dengan baik. 

Sebelum memulai kelas-kelas workshop, para ahli akan menstimulasi sesi-sesi yang akan mempersatukan seluruh komunitas bersama, dengan menyanyi bersama selama 45 menit setiap pagi. Dalam sesi ini, para ahli akan mengeksplorasi repertoar dari berbagai tradisi yang berbeda.

Pada Workshop dan Clinics, setiap hari peserta akan memperoleh kesempatan memperkaya dan menambah wawasan melalui sesi-sesi kelas workshop yang akan berjalan secara paralel. Dalam tiap sesi peserta bebas memilih satu kelas yang sesuai dengan minat dan kebutuhannya. Bentuk dari sesi-sesi ini adalah demonstrasi teknik dan aspek artistik yang bersifat pedagogi, dengan kesempatan bertemu dengan berbagai paduan suara untuk mengetahui bagaimana mereka berlatih serta proses mengajar.

Di tengah kegiatan simposium yang padat, peserta akan dapat menikmati penampilan dari beberapa paduan suara undangan yang sudah terpilih dalam konser, sekaligus belajar dari kelebihan dan keistimewaan masing-masing paduan suara tersebut.

Rangkaian simposium akan ditutup dengan sebuah konser, yang sekaligus menutup seluruh rangkaian 5th Symposium on Church Choral Music 2016. Konser besar ini dipersembahkan oleh beberapa paduan suara pilihan.

Setiap peserta yang mengikuti kegiatan ini akan mendapatkan Simposium Kit dan satu buah T-shirt per peserta, konsumsi sesuai dengan jadwal kegiatan. Bebas masuk untuk semua kelas sesuai dengan jadwal simposium. Pendaftaran terakhir akan dibuka, jika slot partisipasi masih tersedia dengan biaya sebesar Rp 2.500.000.

Pendaftaran group akan memperoleh gratis untuk 1 orang, dan untuk paduan suara dengan minimal peserta 22 orang akan memperoleh konsultasi gratis untuk paduan suara (free Choir Clinic) bersama Paul Phoenix dari King Singers.

Pendaftaran dilakukan di Bandung Choral Society, Jl H Aksan 37 - (Sebelah SMAN-11) Moh Toha Bandung, 40253, Jawa Barat, dengan no telepon 022.520.9724 setiap Senin s/d Jumat pk 09:00 - 17:00, atau melalui hp di nomor 0812.3931.2173 | 0877.2266.4323 | 0858.6033.3554, WA: 0823.1846.4046, BB: 54618b20, email: mailbcsevents@gmail.com, FB: www.facebook.com/bandung.choral.society, Tw: www.twitter.com/bandungchoral, ig: www.instagram.com/bandungchoral, web: www.bandungchoral.com.

 

Editor : Sotyati

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home