Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 17:20 WIB | Rabu, 03 Mei 2017

Sisir Tanah Luncurkan Album “Woh” di IFI-LIP Yogyakarta

Ilustrasi poster peluncuran album perdana Sisir Tanah "Woh" di Lembaga Indonesia Prancis (IFI-LIP) Jl. Sagan No. 3 Yogyakarta, Sabtu (6/4). (Foto: Sisir Tanah)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menandai peluncuran album perdananya, grup musik indie asal Yogyakarta yang banyak menyuarakan kritik sosial Sisir Tanah menggelar konser tunggal di Auditorium Lembaga Indonesia Prancis (IFI-LIP) Jl. Sagan No. 3 Yogyakarta, Sabtu (6/5) malam.

Album pertama Sisir Tanah bertajuk "Woh" memuat sepuluh lagu melengkapi single lagu yang diperkenalkan bulan Maret lalu berjudul "Lagu Bahagia". Dalam album perdananya Sisir Tanah mendapat dukungan dari Yayasan Kajian Musik Laras.

Kesepuluh lagu tersebut adalah “Kita Mungkin”, “Konservasi Konflik”, “Lagu Baik”, “Lagu Bahagia”, “Lagu Hidup”, “Lagu Lelah”, “Lagu Pejalan”, “Lagu Romantis”, “Lagu Wajib”, dan “Obituari Air Mata”.

Sebelum konser peluncuran album digelar, Sisir Tanah sempat menggelar tur di sejumlah kota di Pulau Jawa dan Provinsi Kalimantan Timur untuk memperkenalkan karyanya. Tur bertajuk “Harus Berani Tur 2017” tersebut diadakan mulai pertengahan April hingga awal Mei 2017.

Dalam obrolan ringan satuharapan.com dengan Bagus Dwi Danto (vokalis Sisir Tanah) beberapa waktu lalu, Danto mengatakan bahwa Indonesia memiliki persoalan sosial yang serius mulai dari ketimpangan ekonomi, pelanggaran hak asasi manusia, karut-marut politik, hingga kebudayaan nasional yang terus tergerus. Di Yogyakarta misalnya kini muncul persoalan serius tentang pertanahan, intoleransi, dan marak pembangunan hotel maupun menjamurnya pusat perbelanjaan modern.

 “Woh” yang dalam bahasa Jawa berarti ‘buah' menjadi simbol bagi buah karya Sisir Tanah yang telah berproses selama tujuh tahun di ladang musik. Melalui album ini, Sisir Tanah berharap bisa turut serta menambah daftar karya musik yang menyuarakan pesan damai bagi kehidupan.

Sisir Tanah adalah nama proyek musik yang mewadahi karya Bagus Dwi Danto. Mulai membagikan karya pada 2010, proyek musik asal Yogyakarta ini akhirnya memutuskan untuk merekam album pertama pada usia Sisir Tanah yang ketujuh.

Seluruh lagu dalam album ini diciptakan oleh Bagus Dwi Danto dengan penggarapan aransemen disusun dengan arahan musikal dari Doni Kurniawan (Alldint, Risky Summerbee and the Honeythief, Music For Everyone) dan Bagus Dwi Danto bersama para musisi: Raghipta Utama (gitar), Nadya Hatta (keyboard), Faizal Aditya Rachman (bass), Indra Agung Hanifah (drum), Erson Padapiran (terompet), Justitias Jelita Zulkarnain (cello), Asrie Tresnady (sitar), Yussan Ahmad Fauzi (tanpura), dan Jasmine Alvinia Savitri (penyanyi latar).

Kesepuluh lagu dalam album perdana "Woh" akan ditampilkan secara utuh pada konser peluncuran album Sisir Tanah di IFI-LIP Yogyakarta, mulai pukul 19.15 WIB hingga selesai. Konser tersebut akan dibuka oleh Fajar Merah dan Ananda Badudu, dengan tata artistik oleh Risky Sasono.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home