Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 20:00 WIB | Kamis, 02 Mei 2019

Siswa Manja Jadi Pemimpin di Gladian Penggalang SMPK PENABUR

Siswa Manja Jadi Pemimpin di Gladian Penggalang SMPK PENABUR
Upacara pembukaan Gladian Penggalang SMPK BPK PENABUR, hari Kamis, 2 Mei 2019 di Bumi Perkemahan Cibodas, Jawa Barat. (Foto-foto: Melki Pangaribuan)
Siswa Manja Jadi Pemimpin di Gladian Penggalang SMPK PENABUR
Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR Adri Lazuardi (paling kiri) didampingi Ketua BPK PENABUR dari berbagai kota di Jawa Bara saat membuka acara Gladian Penggalang SMPK BPK PENABUR, hari Kamis, 2 Mei 2019 di Bumi Perkemahan Cibodas, Jawa Barat.
Siswa Manja Jadi Pemimpin di Gladian Penggalang SMPK PENABUR
Peserta yang hadir dalam kegiatan Gladian Penggalang ini sebanyak 221 orang yang terdiri dari Putra 96 orang, Putri 96 orang, dan pembina 29 orang dari 12 Gugus Depan SMPK BPK PENABUR.
Siswa Manja Jadi Pemimpin di Gladian Penggalang SMPK PENABUR
Kegiatan Gladian Penggalang yang pertama kali diadakan ini bertujuan juga untuk meningkatkan nilai-nilai ketuhanan (PKBN2K), kebudayaan, kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, dan kemandirian pada peserta didik di lingkungan SMPK BPK PENABUR.
Siswa Manja Jadi Pemimpin di Gladian Penggalang SMPK PENABUR

CIBODAS, SATUHARAPAN.COM – Sebanyak 12 SMPK BPK PENABUR dari 10 kota di Jawa Barat mengikuti kegiatan “Gladian Penggalang SMPK BPK PENABUR”, pada hari Kamis-Sabtu, 2-4 Mei 2019 di Bumi Perkemahan Cibodas, Cianjur, Jawa Barat.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 221 orang yang terdiri dari Putra 96 orang, Putri 96 orang, dan pembina 29 orang dari 12 Gugus Depan SMPK BPK PENABUR.

Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR, Adri Lazuardi, mengatakan kegiatan Gladian Penggalang ini merupakan sebuah langkah besar dari BPK PENABUR menyatukan kebersamaan dari 10 kota yang diharapkan menjadi suatu wadah kreativitas bagi peserta didik.

“Kita berharap juga melalui kegiatan ini semua dapat saling bersinergi dalam kebersamaan dan dapat dirasakan sebagai suatu kekuatan untuk membangun dunia pendidikan di Indonesia,” kata Kakak Adri Lazuardi kepada satuharapan.com saat ditemui pada acara Gladian Penggalang SMPK BPK PENABUR, hari Kamis, 2 Mei 2019 di Bumi Perkemahan Cibodas, Cianjur, Jawa Barat.

Sementara itu Ketua BPK PENABUR Cirebon periode 2018-2022, Eko Sudjatmanto, mengatakan bahwa kegiatan Gladian Penggalang ini sebagai suatu ajang kebersaman yang sangat baik untuk anak-anak dari masing-masing PENABUR dapat berkumpul menjadi satu saudara. Menurutnya, mereka tidak lagi merasa sendiri sebagai satu kota tetapi ada dalam kebersamaan pada kegiatan saat ini.

Kakak Eko juga mengatakan, kegiatan pramuka ini juga melatih leadership para perserta didik SMPK BPK PENABUR. Kepramukaan ini, katanya, anak-anak dilatih belajar menjadi seorang pemimpin dan mandiri.

“Seperti kondisi alam sekarang ini, siswa dapat memahami kondisi keadaan setempat. Kalau di rumah mereka sudah dimanjakan. Tapi dengan situasi di alam, mereka mau tidak mau berbaur dengan teman-temannya, mereka akan belajar dengan kondisi yang ada. Mereka ditempa di sini untuk ke depannya menjadi orang yang kuat,” katanya.

Koordinator Jenjang SMPK BPK PENABUR, Kakak Sri Sutjiati mengatakan kegiatan ini juga bertujuan untuk setiap Gugus Depan yang ada dapat terus membina dan memajukan kegiatan kepramukaan di pangkalannya masing-masing dan menumbuhkan rasa kebersamaan di antara Gugus Depan kepramukaan di SMPK BPK PENABUR.

“Kegiatan ini juga untuk meningkatkan nilai-nilai ketuhanan (PKBN2K), kebudayaan, kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan alam, dan kemandirian pada peserta didik di lingkungan SMPK BPK PENABUR, dan memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh TKK dan pengisian SKU (berkemah),” kata Kakak Sutjiati.

Dalam kegiatan yang baru pertama kali diadakan ini para siswa-siswi akan melakukan latihan bersama seperti PBB Pramuka (Peraturan Baris Berbaris), masak rimba, dan peta lapangan. Selain itu aneka lomba kepramukaan juga diujikan di antaranya semaphore, morse, P3K, perkemahan, PBB, peta lapangan, pentas seni, dan tekhnologi sederhana. Kemudian pengujian TKK di antaranya berkemah, memasak, tanda jejak, P3K, seni suara, menjahit, dan gerak jalan (outbond).

Sekolah yang mengikuti kegiatan ini di antaranya SMPK BPK PENABUR Bogor (Paledang), SMPK BPK PENABUR Cianjur, SMPK BPK PENABUR Cimahi, SMPK BPK PENABUR Cirebon Plus, SMPK BPK PENABUR Cirebon Cipto, SMPK BPK PENABUR Indramayu, SMPK BPK PENABUR Jatibarang, SMPK BPK PENABUR Sentul, SMPK BPK PENABUR Serang, SMPK BPK PENABUR Sukabumi, SMPK BPK PENABUR Tasikmalaya, SMPK4 BPK PENABUR Bandung.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home