Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 08:56 WIB | Senin, 17 Juni 2019

Sosialisasi Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019

Pre-event dan Sosialisasi Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019 di Gerbang Barat Kepatihan-Yogyakarta, Sabtu (15/6) sore. (Foto: Infofky.com)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Setelah berlangsung selama 30 tahun penyelenggaraan, Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) yang pertama kali dihelat pada tahun 1989 pada penyelenggaraan ke-31 tahun ini berganti nama menjadi Festival Kebudayaan Yogyakarta.

Berubahnya nama festival tahunan kebanggaan warga Yogyakarta ini dilandasi atas kesadaran untuk memelihara dan lebih mengembangkan apa yang selama ini telah ada dan berkembang.

“Kita ingin lebih mengembangkan dan mengharapkan kebudayaan ini jadi bagian yang lebih luas, karena tidak hanya bicara tentang kesenian tapi juga dengan yang lain,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Pemda DI Yogyakarta, Aris Eko Nugroho, dalam siaran pers yang diterima satuharapan.com, Jumat (31/5).

Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019 rencananya akan digelar pada 4 - 21 Juli 2019 di Kampoeng Mataraman, Panggungharjo, Sewon, Bantul, sebagai venue utama, mengangkat tema Mulanira: ruang|ragam|interaksi dengan mengambil pijakan kembali ke asal mula. Apa yang sebelumnya ditetapkan, mengalami pergeseran yang menuntut kemampuan jawaban tiap generasi.

Sebagai upaya memperkenalkan brand baru FKY, panitia FKY 2019 menggelar kegiatan pre-event bertajuk “Mulanira Malyabhara” di beberapa titik sepanjang Jalan Malioboro sebagai bagian sosialisasi Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019. Kegiatan ini selain sebagai penanda bahwa sebentar lagi akan ada FKY, sekaligus untuk mengartikulasikan Malioboro sesuai etimologinya ‘Malyabhara’, yang berarti jalan beruntaikan bunga.

Pre-event tersebut berupa aktivasi situs-situs publik berbentuk instalasi visual dan kegiatan-kegiatan publik di sepanjang Jalan Malioboro. Lokasi titik-titik kegiatan pre-event meliputi Pertigaan Pasar Kembang pada Sabtu (1/6) malam bekerja sama dengan Malioboro After Midnight, Gerbang Barat Kepatihan, Sabtu (15/6), dan Pertigaan Ngejaman, Sabtu (29/6).

Informasi lebih lanjut terkait penyelenggaraan FKY 2019  bisa menghubungi Sekretariat Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019, di Kampoeng Mataraman, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Atau bisa mengakses laman www.infofky.com, surat elektronik: kom.fky@gmail.com, akun Instagram : @infofky, Twitter: @infoFKY,  Facebook page: Festival Kebudayaan Yogyakarta.

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home