Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:11 WIB | Rabu, 23 Mei 2018

SpaceX Luncurkan Satelit Kembar untuk Ukur Air Bumi

Ilustrasi. Misi lanjutan dari GRACE, yang merupakan sepasang satelit yang diluncurkan pada tahun 2002 dan melacak, antara lain, tepatnya berapa banyak es yang hilang setiap tahun di Greenland dan Antartika hingga 2017. (Foto: financialexpress.com/Reuters)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Roket SpaceX pada Selasa (22/5), meluncur membawa dua satelit seukuran mobil sport yang akan digunakan untuk mengukur perubahan kenaikan permukaan air laut, pencairan es dan kekeringan di Bumi.

 "Tiga, dua, satu, meluncur!" kata seorang komentator SpaceX saat roket Falcon 9 yang mengangkut satelit buatan Amerika Serikat dan Jerman meluncur dari Pangkalan Udara Vandenberg di California Selasa (22/5) pukul 12.47 (waktu setempat).

Pesawat ruang angkasa kembar, dari misi gabungan NASA / German Research Center for Geosciences (GFZ), diluncurkan pada roket SpaceX Falcon 9 dari Space Launch Complex 4E di Vandenberg Air Force Berbasis di California, perjalanan mereka ke luar angkasa dengan lima satelit komunikasi Iridium NEXT.

Muatan pesawat senilai 521 juta dolar AS (sekitar Rp7,34 triliun) yang dinamai Gravity Recovery and Climate Experiment Follow-on (GRACE-FO) itu, Satelit GRACE-FO berada di ketinggian sekitar 305 mil (490 kilometer), perjalanan sekitar 16.800 mph (7,5 kilometer per detik). Mereka berada di orbit dekat kutub, mengelilingi Bumi sekali setiap 90 menit.

"GRACE-FO akan memberikan wawasan unik tentang bagaimana planet kompleks kami beroperasi," kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi Direktorat Misi Sains NASA di Markas NASA di Washington.

Ia menambahkan, bahwa data GRACE-FO akan digunakan di seluruh dunia untuk meningkatkan kehidupan masyarakat , dari prediksi dampak kekeringan hingga informasi tentang penggunaan dan pengelolaan air dari akuifer bawah tanah. "

Menurut Thomas, Air tanah, samudra, danau, sungai dan lapisan es akan dimonitor oleh satelit kembar, yang merupakan bagian dari misi bersama badan antariksa Amerika Serikat dengan Pusat Riset Jerman untuk Geosains (GFZ).

Di antara inovasinya, GRACE adalah misi pertama untuk mengukur jumlah es yang hilang dari lapisan es Greenland dan Antartika. Misi meningkatkan pemahaman kita tentang proses yang bertanggung jawab untuk kenaikan permukaan laut dan sirkulasi laut, memberikan wawasan ke tempat sumber daya air tanah global menyusut atau tumbuh, menunjukkan di mana tanah kering berkontribusi terhadap kekeringan, dan memantau perubahan di Bumi padat, seperti dari gempa bumi .

Frank Webb, ilmuwan proyek GRACE-FO di Jet Propulsion Laboratory NASA di Pasadena, California, mencatat bahwa untuk memahami perubahan yang terjadi dalam sistem iklim, para ilmuwan membutuhkan catatan data selama beberapa dekade.

" Catatan data dari GRACE akan memungkinkan kami untuk lebih membedakan variabilitas jangka pendek dari tren jangka panjang," katanya.

Manajer misi, akan mengevaluasi instrumen dan sistem satelit serta melakukan prosedur kalibrasi dan penyelarasan. Kemudian satelit akan mulai mengumpulkan dan memproses data sains. Data sains pertama diharapkan akan dirilis sekitar tujuh bulan.

Misi ini,  merupakan lanjutan GRACE, sepasang satelit yang diluncurkan 2002 yang melacak antara lain berapa banyak es yang mencair setiap tahun di Greenland dan Antarktika sampai 2017.

Bagaimana Mereka Bekerja

Menurut hukum fisika, variasi terkecil dalam massa di Bumi mengubah tarikan gravitasi pada satelit.

Ketika satelit utama melewati sebuah gunung, ia akan sedikit lebih jauh dari kembarannya untuk beberapa saat karena massa ekstra di area  ini dan tarikan gravitasi yang sedikit lebih kuat.

Variasi jarak ini akan terus direkam oleh pesawat ruang angkasa, karena setiap pergeseran menandai perubahan massa di planet di bawahnya.

Satelit menggunakan titik referensi bulanan karena kecuali ada gempa bumi atau kejadian tidak biasa lainnya, hanya air yang memiliki kapasitas untuk berubah secepat itu. Air selalu memiliki massa, entah itu dalam bentuk cair, padat atau gas.

Ketika es mencair, massa lautan naik. Ketika hujan turun banyak di wilayah tertentu, volume akuifer naik. Satelit akan mengambil ini, dan data akan menunjukkan bahwa massa di daerah tertentu lebih tinggi daripada di bulan atau tahun sebelumnya.

Begitulah cara satelit-satelit GRACE-FO, membuat peta air di Bumi setiap 30 hari, menunjukkan area mana yang memiliki lebih banyak dan yang memiliki lebih sedikit, baik di atas atau di bawah tanah.

Mereka beroperasi dengan presisi setara dengan perubahan 0,4 inci (satu sentimeter) dalam ketinggian air di seluruh wilayah sekitar 211 mil (340 kilometer) dalam diameter. (antaranews.com/ jpl.nasa.gov)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home