Google+
Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Bayu Probo 20:29 WIB | Selasa, 22 April 2014

Spanyol Ingin Raih Juara Piala Dunia Dua Kali Beruntun

Tim Spanyol saat merayakan kemenangan sebagai juara dunia di ajang Piala Dunia Afrika Selatan 2010. (Foto: AFP)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Spanyol ingin melanjutkan sejarah di ajang Piala Dunia Brasil saat mereka mengincar gelar turnamen besar keempat mereka.

Vincente del Bosque berhasil menciptakan sebuah mesin sepak bola tangguh yang memenangkan European Championship pada 2008, Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan dan juara Eropa kedua dua tahun lalu.

Jika ditambah dengan kemenangan Piala Dunia, itu akan jadi pertama kalinya suatu negara menyabet kemenangan berturut-turut sejak Brasil mendapatkannya pada 1958 dan 1962. Tim Matador memulai langkah mereka di Grup B melawan Belanda, Chile dan Australia.

Skuat Spanyol yang telah memenangkan hampir semuanya di tingkat klub maupun internasional itu diragukan bisa tetap mendominasi.

Keraguan tersebut terbukti ketika Brasil dengan skuat muda dan memiliki motivasi tinggi menggasak Spanyol dengan skor 3-0 di babak final Piala Konfederasi tahun lalu.

“Brasil adalah tim favorit saya,” menurut pengakuan penjaga gawang Pepe Reina baru-baru ini.

Namun Spanyol bisa merujuk pada pengalaman mereka sendiri di Afrika Selatan untuk membuktikan bahwa geladi bersih Piala Konfederasi tidak selalu jadi indikator pasti untuk performa di Piala Dunia.

Tidak satu pun pemenang di keempat laga Piala Konfederasi yang digelar setahun sebelum Piala Dunia mampu mengulang kesuksesan mereka ketika taruhannya dinaikkan 12 bulan berikutnya. Benar saja, Spanyol kalah telak 2-0 dari Amerika Serikat pada 2009 sebelum kembali menguasai dunia pada 2010.

Babak penyisihan grup melawan Belanda, Chile dan Australia membuat keadaan makin rumit.

Namun, dengan pengalaman di turnamen ini dan kedalaman skuat mereka, Spanyol tetap jadi salah satu negara yang paling ditakuti di PD Brasil. (AFP)

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home