Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:02 WIB | Senin, 16 Maret 2020

Spanyol Jadi Negara Keempat Terbesar Kasus COVID-19

Penumpang pada kereta bawah tanah di stasiun kereta api Atocha yang hampir kosong pada jam sibuk selama penutupan sebagian sebagai bagian dari keadaan darurat 15 hari untuk memerangi wabah penyakit yang disebarkan oleh virus corona baru di Madrid, Spanyol. (Foto: Reuters)

MADRID, SATUHARAPAN.COM-Spanyol menjadi negara terbesar keempat dunia dalam jumlah kasus terinfeksi virus corona baru, melampaui Korea Selatan. Dilaprkan bahwa angka terinfeksi baru yang dikonfirmasi juga naik tajam.

Kasus penularan virus corona baru di Spanyol naik sekitar 1.000 kasus dalam 24 jam terakhir menjadi 8.744 pada hari Senin (16/3), dan jumlah kematian mencapai 297 orang, setengah kasus kmatian ada di ibu kota, Madrid.

Peningkatan jumlah kasus baru membawa kemungkinan makin nyata negara itu menutup perbatasannya, menurut laporan AP.

Masalah ini akan dibahas oleh anggota Uni Eropa dalam pertemuan hari Senin (16/3), menurut Menteri Dalam Negeri, Fernando Grande Marlaska. Dia mengatakan bahwa penutupan (lockdown) total bisa menjadi langkah berikutnya, setelah mengerahkan tentara ke jalan-jalan dan membersihkan stasiun kereta, dan memerintahkan 46 juta warga untuk tinggal di rumah, dan pemerintah mengambil alih kendali atas rumah sakit swasta.

Portugal, negara tetangganya, sepakatn dengan Spanyol untuk menghentikan pariwisata melintasi perbatasan mereka sepanjang 1.200 kilometer. Namun untuk barang dan pekerja masih akan diizinkan masuk dan keluar.

Penyakit yang isebabkan oleh virus COVID-19 pada umumnya hanya menyebabkan gejala ringan atau sedang tetapi. Gejala yang parah lebih mungkin terjadi pada orang tua atau orang dengan masalah kesehatan sebelumnya. Lebih dari 77.000 orang telah pulih dari penyakit itu sejauh ini, dab sebagian besar berada di China, tempat awal penyebaran virus.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home