Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:21 WIB | Rabu, 31 Januari 2018

Spesies Burung Baru Ditemukan di Kepulauan Ogasawara

Spesies Burung Baru Ditemukan di Kepulauan Ogasawara
Ilustrasi. Pantai berpasir putih di Kepulauan Ogasawara atau Bonin Island, yang merupakan situs warisan dunia UNESCO. (Foto: Ippei&Janine Naoi/Traveler's Digest)
Spesies Burung Baru Ditemukan di Kepulauan Ogasawara
Peta Kepulauan Ogasawara. (Sumber: Japan Guide)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM – Para peneliti di Jepang mengatakan telah menemukan satu spesies burung laut baru yang asli dari Kepulauan Ogasawara. Kepulauan yang juga dikenal dengan nama Bonin Islands itu adalah situs Warisan Dunia UNESCO, yang terletak sekitar 1.000 kilometer selatan pulau utama Jepang.

Para peneliti, termasuk dari Institut Penelitian Kehutanan dan Produk Kehutanan, mengatakan burung-burung laut tersebut sebelumnya dianggap sebagai subspesies dari burung Seguro Mizunagi.

Burung yang tersebar luas di penjuru Samudera Pasifik itu memiliki punggung berwarna hitam dan bagian bawah tubuhnya putih, dan bersarang di celah bebatuan.

Tim peneliti tersebut mempelajari sampel DNA dari 10 burung laut yang diamati dan menemukan bahwa burung itu adalah spesies berbeda dari burung Seguro Mizunagi.

Para ahli mengatakan, burung laut tersebut dipastikan berkembang biak secara eksklusif di dua pulau dari Kepulauan Ogasawara. Penemuan ini membuat jumlah spesies burung asli yang tinggal di kepulauan tersebut menjadi empat spesies.

Salah seorang peneliti, Kazuto Kawakami, mengatakan penemuan itu menambah nilai bagi Kepulauan Ogasawara sebagai situs warisan dunia. (nhk.or.jp)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home