Google+
Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Dewasasri M Wardani 01:46 WIB | Kamis, 03 Mei 2018

Spesies Kumbang Baru Dinamai Leonardo DiCaprio

Ilustrasi. Spesies kumbang air baru yang ditemukan di Kalimantan diberi nama ilmiah Grouvellinus leonardodicaprioi, yang terinspirasi dari aktor Leonardo DiCaprio yang aktif menjaga lingkungan hidup. (Foto: inverse.com)

SATUHARAPAN.COM – Para peneliti telah menemukan spesies baru kumbang air, dan diberi nama Leonardo DiCaprio . Penamaan tersebut terinspirasi dari  usahanya dalam menjaga lingkungan hidup.

Kumbang itu ditemukan oleh para peneliti, selama perjalanan mereka ke Maliau Basin di pulau Kalimantan bagian Malaysia.  Bagian genus dari nama ilmiahnya, adalah Grouvellinus leonardodicaprioi, berasal dari ahli kumbang Prancis Antoine Henri Grouvelle (1843–1917), sementara nama spesiesnya menghormati aktor film Amerika tersebut.

DiCaprio, yang memenangkan Academy Award 2016, untuk aktor terbaik, dan telah dikenal sebagai aktivis lingkungan setelah mendirikan Leonardo DiCaprio Foundation, sebuah badan amal yang mendukung pelestarian satwa liar dan memerangi perubahan iklim.

Para peserta ekspedisi dan staf di Pusat Studi Wilayah Maliau, memilih untuk menamai kumbang itu setelah DiCaprio bekerja aktif untuk badan amal tersebut.

Penelitian yang mengungkap spesies yang dipublikasikan di jurnal ZooKeys, dan telah menemukan kedua kumbang lainnya, yang  kemudian diberi nama G. andrekuipersi dan G. questi. Nama tersebut terinspirasi dari astronot Belanda yang bernama Andre Kuipers dan majalah sains Populer, Quest.

Penemuan tiga kumbang tersebut dipimpin oleh entomolog Dr Hendrik Freitag dan ahli biologi gua Dr Iva Njunjic.

“Kumbang baru ini mungkin tidak memenangkan Oscar dalam hal karisma, tetapi dalam konservasi keanekaragaman hayati, setiap makhluk sama berharganya," kata Njunjic  pada Senin (30/4). (forbes.com)

 

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home