Google+
Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 08:15 WIB | Senin, 11 Juni 2018

Stok BBM, Gas, dan Listrik Dipastikan Aman Jelang Lebaran

Ilustrasi. Pemandangan khas sebelum dan sesudah Lebaran. (Foto: Dok satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) setiap tahun membentuk Tim Posko Nasional Sektor ESDM guna mengantisipasi lonjakan kebutuhan energi pada masa libur Idul fitri.

Tim melaporkan perkembangan ketersediaan stok Bahan Bakar Minyak (BBM), Liqufied Petroleum Gas (LPG) hingga kondisi ketenagalistrikan dan geologi di seluruh Indonesia.

Tim Posko Nasional Sektor ESDM hingga tanggal 8 Juni 2018 memastikan bahwa stok BBM dalam kondisi aman dan normal. Terlihat dari ketahanan stok Premium untuk 25 hari, Solar 19 hari, Pertamax 22 hari, Pertamax Turbo 44 hari, serta Avtur 28 hari.

Sementara untuk ketahanan stok LPG 3 kg dilaporkan normal yaitu untuk 18 hari, sementara Bahan Bakar Gas (BBG) dan Jaringan Gas (Jargas) tersalurkan dalam kondisi aman.

Di sisi ketenagalistrikan, Tim Posko Nasional Sektor ESDM melaporkan status 7 Juni 2018 daya mampu pasok nasional sebesar 37.657, 45 MW, dan beban puncak sebesar 34.754,26 MW, sehingga kapasitas cadangan daya Nasional sebesar 2.903,19 MW.

Adapun untuk status gunungapi dilaporkan Gunung Sinabung (Sumut) berada pada status AWAS/Level IV sejak 2 Juni 2015, Gunung Agung (Bali) berada pada status SIAGA/Level III sejak 10 Februari 2018, sebanyak 19 gunung api Status Waspada/Level II (Marapi, Kerinci, Dempo, Anak Krakatau, Merapi, Semeru, Bromo, Rinjani, Sangeangapi, Rokatenda, Soputan, Lokon, Karangetang, Gamalama, Gamkonara, Ibu, Dukono, Lewotolok dan Banda Api), sisanya 48 gunungapi: Status NORMAL/Level I. Khusus untuk status Gunung Merapi di Yogyakarta meningkat menjadi level dua (Waspada) sejak 21 Mei 2018.

“Dengan adanya Posko Nasional Sektor ESDM ini, kita berharap dapat mengantisipasi lonjakan kebutuhan energi di berbagai kota, sehingga masyarakat dapat berlebaran dan berkumpul bersama keluarga dengan tenang. Tim terus memantau, khususnya beberapa hari ke depan yang diperkirakan sebagai puncak arus mudik,” ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agung Pribadi, di Jakarta seperti dilansir Senin (11/6).

Selain membentuk Posko Nasional, untuk mempermudah pengawasan dan pengaduan dari masyarakat pada periode Hari Raya Idulfitri 2018 di bidang energi, Kementerian ESDM telah menyediakan layanan call center 1500335 yang akan melayani informasi dan pengaduan masyarakat terkait penyediaan energi di seluruh wilayah Indonesia. (Setkab)

 

 

Editor : Melki Pangaribuan

Back to Home