Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 19:57 WIB | Selasa, 24 Februari 2015

Striker MU, Falcao: Bersama Yesus, Kamu Takkan Sendirian

Radamel Falcao meluapkan kegembiraan saat bersama FC Porto memenangkan Liga Europa, Minggu (19/5/11) dengan memamerkan kaos bertuliskan “With Jesus, you’ll never be alone”—Bersama Yesus, Kamu Takkan Sendirian. (Foto: PA)

SATUHARAPAN.COM – Radamel Falcao, pemain sepak bola berkebangsaan Kolombia yang saat ini bermain untuk klub Manchester United adalah pribadi religius. “Bersama Yesus, Kamu Takkan Sendirian” jadi mottonya.

Rabu (18/2) lalu ia tengah diliputi kegembiraan. Pasalnya, putri keduanya, Desirée García Taron lahir. Sang kakak, Dominique García Taron lahir pada Agustus 2013. Ia unggah foto anaknya di akun Instagram-nya dengan kalimat "Mi princesa Desirée..."

Setidaknya itu sedikit mengobati kegundahan laki-laki yang bernama lengkap Radamel Falcao García Zárate. Setelah didera cedera berbulan-bulan, peformanya masih kalah dengan Wayne Rooney dan Robin van Persie. Akibatnya, pemain pinjaman dari klub AS Monaco ini pada musim depan tidak akan berlanjut di klub berjuluk Setan Merah. Terdengar selentingan Real Madrid meminatinya. Ia hendak mengganti Javier Hernandez yang akan dipulangkan Madrid ke Manchester United.

Terlepas dari karier profesionalnya, Falcao mempunyai kehidupan pribadi yang patut dicontoh. Di akun Twitternya @Falcao, setelah kelahiran Desirée ia mengucap syukur pada Tuhan. “Welcome daughter, we love you with all of our heart. Thank you God for the blessing of children,” tulisnya. Ia memang tidak menutup- nutupi imannya. Akun media sosialnya dipenuhi doa.

Saat wawancara dengan athletesinaction.org menjelang Piala Dunia 2014 lalu, ia mengatakan, “Kita bisa memiliki segalanya, tetapi jika kita tidak puas secara rohani, maka seolah-olah kita tidak ada dan kita merasa kosong,” kata Falcao.

“Dengan Yesus Kristus, kita dapat yakin bahwa Ia tidak akan pernah meninggalkan kita. Dia akan selalu ada. Ini adalah sesuatu yang saya alami dalam hidup saya sendiri melalui kesetiaan dan kasih-Nya dan melalui Dia menunjukkan kepada saya bahwa Dia membayar harga untuk kehidupan kita—melalui Putra-Nya, Yesus Kristus.”

“Saya tidak berpikir ada situasi yang tidak dapat diatasi.”

Dibesarkan oleh keluarga yang taat ke gereja, Falcao membuat keputusan untuk menempatkan kepercayaan pada Tuhan pada usia dini. Dia mengatakan bahwa itu adalah pada titik balik ini yang keinginannya berubah.

“Saya mengerti bahwa Dia memiliki rencana yang saya hanya perlu untuk mematuhi karena Dia akan pergi untuk memenuhi janji-janji bahwa Ia telah menjadikan hidup saya.”

Persembahan bagi Allah

Falcao mempersembahkan bakat besar dan kemampuannya untuk mencetak banyak gol sebagai persembahan bagi Allah.

“Pemain dan fans menikmati momen special dalam sepak bola yang dipicu oleh gol.” Katanya. “Saya merasa benar-benar diberkati untuk memiliki kesempatan untuk melakukan hal ini.” Dan ia sering memiliki kesempatan ini. Pada 2009, selama bermain tahun pertamanya untuk Porto FC, ia mencetak 34 gol dalam 42 pertandingan.

Pada usia 15, Falcao memulai karier sepak bola masa mudanya. Saat itu di tahun pertama ini ia djuluki “El Tigre” (Sang Macan) setelah pertandingan sangat intensif saat ia mengatakan bahwa ia bermain seperti binatang.

Mengatasi banyak kendala dalam kariernya sebagai atlet profesional, termasuk cedera lutut utama pada tahun 2006 yang membuat kariernya tertahan, Falcao telah bertahan dan menarik kekuatan dari Alkitab dan hubungannya dengan Allah.

“Alkitab mengajarkan kepada kita tentang tujuan Allah menempatkan kita di kondisi dan lokasi tertentu sehingga kita bisa hidup waspada dan diberkati di bumi,” kata Falcao. “Tuhan selalu ada untuk membantu saya. Saya tidak berpikir ada situasi yang tidak dapat diatasi, namun ujian memang selalu ada.”

Falcao memulai karier sepak bolanya di Kolombia. Dia pindah ke Argentina dan kemudian ke Portugal tempat ia memenangkan gelar Eropa internasional pertamanya.

“Saya percaya bahwa Allah menggunakan waktu ini untuk pertumbuhan saya,” kata Falcao, “Sebagai pemain profesional, saya bisa belajar banyak.” Selama musim 2010-2011, Falcao mencetak 17 gol dalam 14 pertandingan untuk Porto, mencetak rekor baru di Liga Europa UEFA gol terbanyak dalam satu musim.

Falcao menempatkan kaki terbaiknya dalam setiap kompetisi. Ia masuk ke setiap pertandingan dan berlatih dengan hati penuh doa.

“Saya berdoa agar Tuhan yang mengambil kendali. Dan karena saya bagian dari tim—kerja dari banyak pemain—saya juga berdoa untuk teman-teman setim agar Allah menjaga kita, melindungi kita dari cedera dan masalah lain, katanya. “Saya berusaha menempatkan semua sisi yang membentuk hidup saya ke tangan Allah.”

“Saya ingin orang lain melihat kuasa Allah bekerja dalam hidup saya.”

Hanya, karena cederanya, Falcao tidak dapat ikut membela Kolombia dalam Piala Dunia 2014 lalu.

“Saya selalu bermimpi berada di sana, yang mewakili negara saya. Saya membayangkan diri menang atau bermain peran penting. Allah tahu mimpi saya untuk dapat bermain dan meninggalkan tanda abadi untuk masa depan,” ia berharap pada 2018—umurnya sudah 32 tahun—masih punya kesempatan untuk tampil di Piala Dunia.

Suami Setia

Terlepas dari hidupnya di lapangan sepak bola, Falcao adalah suami setia dan ayah. Ia bertujuan untuk mencintai keluarganya dan menempatkan kebutuhan mereka sebelum sendiri.

“Saya pikir itu mirip dengan kasih yang Tuhan sediakan bagi kita. Ia mengasihi kita apa pun keadaan kita,” Falcao menambahkan. “Dia menciptakan kita dan ingin berada dalam hubungan dengan kita.”

“Kita memiliki kesempatan untuk menunjukkan kepada orang lain apa yang telah dilakukan Kristus dalam hidup kita.”

Keluarga Falcao mendukung setiap langkah dalam karier sepak bolanya. Falcao menikah dengan penyanyi Argentina, Lorelei Taron, pada 2013. Pasangan muda berusaha menggunakan kedua platform profesional mereka untuk berbicara tentang iman mereka kepada Yesus. “Saya dan istri saya berbagi prinsip yang sama menginginkan untuk mencintai, menaati dan menyenangkan Tuhan,” kata Falcao. “Ini berarti bahwa kita dapat tumbuh bersama dan berjalan menuju tujuan yang sama daripada yang berbeda, yaitu untuk menyenangkan Allah dalam segala hal yang kita lakukan.”

Berhasrat untuk berbagi kasih dalam tiap pertandingan yang ia ikuti dan berbagi kasih kepada Tuhan dengan orang lain, Falcao secara aktif terlibat dalam berbagai organisasi kelompok pemuda Kristen: Locos por Jesús (Crazy for Jesus) dan Campeones para Cristo (Pemenang bagi Kristus), dua organisasi ini di mana Falcao mampu menjadi suara dorongan untuk atlet muda.

Menggunakan platform internasional olahraga favorit dunia, Falcao terus memengaruhi atlet dan penggemar dengan pandangan positif tentang kehidupan.

“Kami memiliki kesempatan untuk membuat perbedaan dan menunjukkan pada orang lain apa yang telah dilakukan Kristus dalam hidup kita,” kata Falcao, “Yang tidak diragukan lagi ingin Dia lakukan dalam kehidupan orang lain juga.” (instagram, twitter, goal.com, telegraph.co.uk/wikipedia.org)

Baca juga:


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home