Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 09:30 WIB | Senin, 25 Juli 2016

Studi Baru: Alkohol Berkait dengan Tujuh Jenis Kanker

Ilustrasi: (Foto: cancerresearchuk.org)

SATUHARAPAN.COM - Sebuah kajian yang dilansir Minggu (24/7) mengisyaratkan kaitan kuat antara konsumsi alkohol dan tujuh jenis kanker.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Addiction, seperti dikutip bbc.com, menyatakan terbukti kuat pengaruh merusak langsung minum alkohol, meskipun penjelasan biologisnya masih belum jelas.

Kanker yang ditemukan terkait langsung dengan konsumsi alkohol adalah kanker mulut dan leher, laring, esofagus, hati, usus, lambung, dan payudara.

Studi tersebut, yang dipimpin Jennie Connor dari University of Otago, Selandia Baru, seperti diberitakan cbsnews.com, termasuk di dalamnya ulasan komprehensif yang dilakukan selama 10 tahun terakhir, di antaranya oleh World Cancer Research Fund, The American Institute for Cancer Research, dan International Agency for Research on Cancer. Studi itu menyimpulkan tujuh jenis kanker yang terkait dengan alkohol itu menyumbang 5 persen kematian akibat kanker di seluruh dunia.

Pada bulan Januari, Pejabat Kesehatan Inggris mengatakan pada tingkatan apa pun minum alkohol memang berisiko terhadap kesehatan.

Alkohol diperkirakan menyebabkan sekitar 500.000 kematian karena kanker pada tahun 2012 saja.

Pada tahun 2014, bbc.com menambahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan minum alkohol antara lain dapat meningkatkan risiko depresi dan kecemasan, sirosis hati, bunuh diri, kekerasan, maupun cedera karena kecelakaan.

Antara 4 persen sampai 30 persen kematian karena kanker di seluruh dunia dapat dikaitkan dengan konsumsi alkohol. Untuk kanker payudara, yang paling umum, angkanya bahkan mencapai 8 persen.

Studi terbaru itu menyebutkan minum alkohol dalam jumlah sedang juga dapat meningkatkan risiko. Sedangkan minum satu gelas per hari dapat meningkatkan risiko kanker payudara sampai tingkat 4 persen dan minum dalam jumlah besar dapat meningkatkan risiko hingga 40-50 persen. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home