Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 12:26 WIB | Sabtu, 16 Mei 2020

Studi Penggunaan Obat Remdesivir Mungkin Berakhir Mei Ini

Seorang teknisi laboratorium memeriksa botol berisi remdesivir, obat perawatan sakit akibat virus corona yang diteliti di fasilitas Gilead Sciences di La Verne, California, AS, 11 Maret 2020. (Foto: dok. Reuters)

SATUHARAPAN.COM-Dua studi klinis yang dilakukan Gilead Sciences tentang potensi pengobatan virus corona dengan remdesivir akan berkurang pada akhir Mei, akibat berkurangnya akses pasien ke obat antivirus itu, menurut para peneliti Amerika Serikat yang terlibat dalam studi.

Obat itu diberi otorisasi untuk penggunaan darurat oleh Food and Drug Administration (FDA) AS pada 1 Mei, tetapi rumah sakit khawatir tentang aksesnya. "Kami ingin melihat distribusi yang adil dan transparan dari sumber daya yang sangat berharga ini," kata Dr. Helen Boucher, kepala penyakit menular di Tufts Medical Center di Boston, kepada Reuters.

Studi Gilead, satu dilakukan pada pasien dengan COVID-19 yang parah, dan satu lagi pada penderita sedang, telah mendaftarkan sekitar 8.000 subjek, menurut statistik FDA. Uji coba adalah "label terbuka" yang berarti mereka tidak membandingkan pengobatan dengan plasebo dan peserta tahu mereka mendapatkan obat.

Minat terhadap obat produk Gilead ini tinggi, mengingat beberapa data awal yang menjanjikan dan kurangnya perawatan yang disetujui atau vaksin pencegahan untuk COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona baru. Penyakit ini telah menginfeksi lebih dari 4 juta orang dan membunuh lebih dari 305.000 di seluruh dunia.

Hasil awal dari uji coba yang dilakukan oleh United State National Institutes of Health (NIH) menunjukkan bahwa remdesivir memotong rawat inap hingga 31 persen dibandingkan dengan plasebo.

NIH sekarang mempelajari remdesivir saja dibandingkan dengan remdesivir dalam kombinasi dengan Olumiant, obat anti-inflamasi yang disetujui untuk rheumatoid arthritis dan dijual oleh Eli Lilly and Co.

Pasokan Remdesivir

Remdesivir masih tersedia berdasarkan penggunaan untuk wanita hamil atau anak-anak di bawah usia 18 tahun, tetapi sebagian besar pasien COVID-19 akan segera memiliki akses hanya di bawah otorisasi penggunaan darurat. "Kami berpartisipasi dalam uji klinis Gilead di Tufts," kata Dr. Boucher. "Kami diberi tahu bahwa mereka akan menghentikan... paling lambat akhir Mei."

Gilead mengatakan kepada Tufts bahwa ini sedang dalam transisi ke distribusi produk di bawah otorisasi penggunaan darurat. Para peneliti di Beth Israel Deaconess Medical Center di Boston juga telah mendengar bahwa kedua studi Gilead akan berhenti mendaftarkan pasien pada akhir bulan.

Gilead, yang telah berjanji untuk menyumbangkan 1,5 juta botol remdesivir untuk memerangi pandemi global, tidak menanggapi permintaan komentar. Obat ini diberikan melalui infus di rumah sakit.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan pada hari Sabtu (16/5) mengatakan Gilead telah berkomitmen untuk memasok rumah sakit AS dengan sekitar 607.000 botol remdesivir,  sekitar 40 persen dari donasi, atau cukup untuk merawat setidaknya 78.000 pasien.

Setelah dokter mempertanyakan transparansi proses alokasi, badan federal mengatakan departemen kesehatan negara bagian akan mendistribusikan obat. Masyarakat Penyakit Menular Amerika pada hari Kamis (14/5) meminta untuk bertemu dengan Administrasi Trump untuk membahas bagaimana remdesivir akan dialokasikan.

Gilead mengatakan hasil awal dari studi pertamanya menunjukkan bahwa obat tersebut meningkatkan hasil untuk pasien dengan COVID-19 yang parah, dan berencana untuk mengumumkan temuan dari studi kedua pada pasien moderat akhir bulan ini. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home