Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 17:40 WIB | Minggu, 07 Juli 2019

Suhu di Alaska Capai 32 Derajat C, Pecahkan Rekor Selama Gelombang Panas

Ilustrasi. Gelombang panas menyebabkan air sungai di bagian selatan tengah Negara Bagian Alaska, AS, menghangat. (Foto: Anchorage Daily News)

ALASKA, SATUHARAPAN.COM – Rekor baru suhu tertinggi, yaitu 32 derajat celsius, telah terpecahkan di wilayah Negara Bagian Alaska, Amerika Serikat, termasuk di kawasan yang berada di Lingkaran Kutub Utara.

Suhu 32 derajat celsius terjadi di bandar udara Anchorage pada hari Kamis (4/7), demikian cuitan Badan Cuaca AS melalui akun tweetera.

Sebelumnya, suhu tertinggi di kawasan itu hanya di bawah 30C. Adapun rata-rata suhu pada tahun ini sekitar 18C.

Rekor terkait suhu di Alaska sebelumnya juga telah memecahkan rekor di hampir seluruh sumber air panas, terutama di zona Kutub Utara, yang sangat sensitif terhadap fluktuasi iklim.

Warga setempat, yang secara rutin mengepak topi rajut dan jaket bulunya setiap musim panas, pada hari Jumat, menukarnya dengan krim pelindung dari sengatan matahari dan payung, demikian laporan kantor berita Associated Press.

Shawn King, warga Anchorage, mengatakan belum pernah melihat cuaca panas seperti sebelumnya.

Putri bungsunya, Tessa, bersikeras bertelanjang kaki ketika dia menawarkan untuk pergi memancing. “Terlalu panas mengenakan sepatu,” ujarnya.

Gelombang panas dramatis yang dialami Alaska dalam beberapa tahun terakhir terkait dengan pelelehan lempengan es dan pemanasan di Samudra Arktik.

Kejadian ini mendatangkan malapetaka bagi komunitas lokal, satwa liar dan ekonomi negara.

Perubahan iklim telah memainkan pera atas kematian ribuan burung puffin di Alaska, kata para ilmuwan pada Mei lalu.

Mereka meyakini burung-burung itu mati kelaparan lantaran ikan yang mereka konsumsi telah bermigrasi ke wilayah utara dengan naiknya suhu laut. (bbc.com)

 

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home