Google+
Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Reporter Satuharapan 20:49 WIB | Rabu, 05 Desember 2018

Sully, Service Dog Mantan Presiden George HW Bush Ikut Berduka

Foto Sully, anjing penjaga, di depan peti jenazah Presiden ke-41 Amerika Serikat, George HW Bush di rumah duka di Houston, menjadi viral. Anjing labrador terlatih ini setia menemani Presiden George HW Bush hingga akhir hayatnya. (Foto: wshu.org)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Ada anggota khusus Keluarga Bush yang mencuri perhatian selama upacara penghormatan terakhir mantan Presiden Amerika Serikat, George HW Bush, pada hari Senin, 3 Desember lalu. Presiden ke-41 Amerika Serikat itu meninggal dunia pada 30 November 2018 pada usia 94 tahun.

Anggota keluarga yang mencuri perhatian itu adalah service dog, anjing terlatih bernama Sully, yang selama ini “mengemban tugas” menemani George HW Bush di akhir hayatnya. Sully dengan setia bergabung dengan anggota Keluarga Bush lain memberikan penghormatan terakhir.

CBS New York menulis anjing labrador berbulu kuning itu dinamai Sully, diambil dari nama “Sully” Sullenberger, pilot yang berhasil mendaratkan pesawat di Sungai Hudson pada tahun 2009. Labrador kuning itu, tentu, melakukan beberapa keajaiban sendiri, dan ia memulai perjalanan hidupnya di Long Island.

Nama lengkapnya, Sully HW Bush. Fotonya baru-baru ini, berbaring di depan peti jenazah Presiden George HW Bush, yang diunggah juru bicara Keluarga Bush Jim McGrath dengan judul “Mission accomplished”, menjadi viral.

Foto lain yang dibagikan pada hari Senin, menunjukkan Sully dengan anggota Keluarga Bush sebelum peti jenazah dibawa ke Pangkalan Angkatan Udara Ellington.

VetDogs Amerika

“Anda melihat gambar yang diunggah tim presiden dan begitu menyentuh,” kata John Miller dari VetDogs Amerika.

Tak terkecuali siapa pun yang berada di Smithtown, di tempat Sully dilatih oleh VetDogs Amerika. Sully dikirimkan kepada Presiden ke-41 AS itu tak lama setelah istrinya, Barbara, berpulang, 17 April 2018.

Presiden Bush kemudian mengirimkan cuitan, “Senang sekali menyambut anggota terbaru di keluarga kami, Sully, Labrador yang cantik dan terlatih dari @AmericasVetDogs. Tidak bisa lebih bersyukur, terutama karena komitmen mereka kepada kami, kaum veteran.”

Seperti diketahui, George HW Bush adalah pilot pesawat tempur pada Perang Dunia II, dan pahlawan bagi penyandang disabilitas.

Pelatihan service dogs seperti Sully, membutuhkan waktu beberapa bulan kelas yang tersebar di wilayah seluas 10 hektare di Smithtown. CBS New York, pada hari Senin (3/12) melihat banyak anjing yang tumbuh bersama Sully. Brad Hibbard termasuk di antara mereka yang membawa Sully ke rumah musim panas Bush di Kennebunkport, Maine, Juni lalu, menawarkan peneman dan dukungan bagi George HW Bush selama masa kesedihannya.

“Kami memperkenalkan Sully kepada anjing-anjing peliharaan Keluarga Bush di kompleks itu, dan memperkenalkannya kepada semua keluarga yang bertemu saat itu. Kami menghabiskan seminggu di sana, bekerja dengan tim Presiden Bush,” kata Hibbard.

Sully akan kembali ke Long Island pada akhir minggu dan tinggal di tempat itu sampai setelah liburan. Sully kemudian akan bergabung dengan Pusat Medis Militer Walter Reed, yang bekerja dengan veteran militer AS yang menderita cedera.

“Kami merasa bangga melihat pelayanan yang diberikan Sully kepada Presiden, tetapi kami juga sangat sedih,” kata Miller.

Siapa pun yang dekat dengan anjing penjaga mengatakan Sully tampak kesepian berpisah dengan sosok yang selama ini dia layani.

VetDogs Amerika mengatakan Sully mungkin akan mendapatkan kembali semangatnya dan akan berbagi cintanya untuk hidup dengan dokter hewan yang terluka, mulai bulan depan.

Editor : Sotyati

Back to Home