Loading...
INSPIRASI
Penulis: Juppa Haloho 01:00 WIB | Rabu, 29 Oktober 2014

Sumpah Rakyat Indonesia

Bersumpahlah membaktikan diri demi Indonesia.
Museum Sumpah Pemuda sebelum dipugar (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – Delapan puluh enam tahun silam Indonesia mengucapkan sebuah sumpah yang agung nan luhur. Sumpah itu diucapkan pada kongres pemuda pada 27-28 Oktober 1928. Sumpah itu mengutamakan kesatuan dan persatuan bangsa. Isinya: Pertama, Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia. Kedua, Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Ketiga, Kami Putra dan Putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Demikianlah rakyat membaktikan diri pada nusa dan bangsa. Demikianlah kesukuan, kedaerahan, dan golongan tertentu dikalahkan oleh kepentingan bangsa.

Pada 20 Oktober 2014 lalu, Joko Widodo dan Jusuf Kalla pun membaktikan diri pada kepentingan bangsa. Dalam sumpahnya mereka mengaku akan memenuhi kewajiban Presiden/Wakil Presiden RI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD dan UU serta peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti pada nusa dan bangsa. Dan setelah mengucapkan sumpah itu, Zulkifli Hasan, Ketua MPR yang memimpin sidang menegaskan bahwa mereka berdua bukan lagi pemimpin suatu golongan tertentu saja, akan tetapi milik dan pemimpin seluruh rakyat Indonesia.  

Tidak hanya Jokowi-JK milik Indonesia, kita juga. Tidak hanya Jokowi-JK yang dituntut berbakti kepada Indonesia, kita juga. Tidak hanya Jokowi-JK yang harus memikirkan Indonesia, kita juga. Tidak hanya Jokowi-JK yang harus mengesampingkan kesukuan, kedaerahan, golongan tertentu, kita juga. Itulah sumpah rakyat Indonesia.

Anak-anak, bersumpahlah menjadikan Indonesia hebat. Pelajar, bersumpahlah menuntut ilmu setinggi-tingginya demi kepentingan Indonesia. Abdi Negara, bersumpahlah mengelola dan melayani negeri ini dengan baik. Pendidik, bersumpahlah mendidik demi mengubah hidup anak bangsa. Politisi, bersumpahlah memikirkan Indonesia dan bukan hanya kepentingan partai. Pengusaha, bersumpahlah menjalankan usaha dengan jujur dan bayarlah pajak demi Indonesia. Anggota TNI/Polri, bersumpahlah menjaga keamanan dan pertahanan negeri ini. Rakyat Indonesia, bersumpahlah membaktikan diri untuk Indonesia. Rohaniawan bersumpahlah mengajarkan kebenaran yang utuh.

Bersumpahlah rakyat Indonesia. Bersumpahlah membaktikan diri demi Indonesia. Ikatlah dirimu pada sumpah yang agung nan luhur.

 

Editor: ymindrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home