Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 12:15 WIB | Jumat, 09 Oktober 2015

Survei: 70 Persen Rakyat Rusia Dukung Serangan Udara di Suriah

Ilustrasi pesawat Rusia. (Foto: Dok. satuharapan.com/ndtv)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM – Lebih dari 70 persen rakyat Rusia mendukung serangan udara Rusia terhadap basis kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) du Suriah. Tapi, mereka mengkhawatirkan Rusia terjebak dalam perang yang berlarut-larut dari ranah publik, menurut sebuah jajak pendapat pada hari Kamis (8/10).

Survei yang dilakukan beberapa hari setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mendapatkan izin parlemen untuk melancarkan intervensi militer di Suriah, menemukan bahwa sebagian besar rakyat Rusia menyetujui keputusan terbaru untuk menggunakan kekuatan militer di luar negeri.

Serangan udara di Suriah ini merupakan aksi militer pertama Rusia di luar wilayah Uni Soviet sejak invasi ke Afganistan pada tahun 1979.

Sebanyak 72 persen dari responden mengatakan mereka menyetujui serangan udara dan 46 persen mengatakan mereka setuju dengan keputusan majelis tinggi parlemen yang mengizinkan Putin menggunakan kekuatan militer di luar negeri, kata lembaga survei netral Levada Centre.

Namun, lembaga survei itu mengingatkan bahwa angka-angka itu mencerminkan sikap terhadap serangkaian propaganda televisi ketimbang dukungan sejati atas keterlibatan dalam konflik yang berlarut-larut.

“Dukungan bagi intervensi militer Rusia di Suriah merupakan dukungan rating atas program sebuah stasiun televisi ketimbang indikator mobilisasi masyarakat Rusia,” kata peneliti Denis Volkov dari Levada Centre. (AFP)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home