Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 16:35 WIB | Selasa, 17 Januari 2017

Survei LSI: Anies-Sandi Tersingkir di Putaran Pertama

Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Ardian Sopa menyampaikan hasil survei terbaru di Graha Dua Rajawali Lingkaran Survei Indonesia, Jl. Pemuda No. 70 Rawamangun Jakarta Timur, hari Selasa (17/1). (Foto: Endang Saputra)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Peneliti Lingkaran Survei Indonesia Denny JA (LSI), Ardian Sopa mengatakan berdasarkan hasil survei terbaru LSI, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga Anies Baswedan-Sandiaga Uno akan tesingkir di putaran pertama Pilkada 2017.

“Sejak pertengahan November 2016, enam kali survei oleh enam lembaga menunjukkan hasil yang konsisten di nomor buncit. Kesimpulan kami dari lapangan jika Pilkada dilakukan hari ini, sangat berpotensi Anies-Sandi akan tersingkir di putaran pertama,” kata Ardian di Kantor LSI, Jl. Pemuda No. 70  Rawamangun  Jakarta Timur, hari Selasa (17/1).

Menurut Ardian jarak dukungan pemilih kepada pasangan Anies semakin teringgal double digit di atas 10 persen dibandingkan dukungan kepada pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat dengan pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni.

Menurut Ardian bahwa hasil survei LSI jika Pilkada dilaksanakan pada saat survei dilakukan, pasangan Agus-SyIvi memperoleh dukungan 36,7 persen, pasangan Ahok-Djarot memperoleh dukungan 32,6 persen dan pasangan Anies-Sandi memperoleh dukungan 21,4 persen. Sedangkan pemilih yang belum menentukan pilihan sebesar 9,3 persen.

Data ini menunjukan bahwa tak ada satupun pasangan calon yang elektabilitasnya mendekati 50 persen + 1 (syarat minimal satu putaran).

“Elektabilitas Agus-SyIvi yang berada di urutan pertama, jika ditambahkan dengan semua suara dari mereka yang belum menentukan pilihan 9,3 persen, pun tidak cukup untuk memenangi pilkada dalam satu putaran,” kata dia.

Demikian pula dengan elektabilitas Anies-Sandi yang 21,4 persen, jika ditambah dengan semua suara yang belum menentukan pilihan 9,3 persen, tetap tak bisa membantu Anies-Sandi lolos ke putaran ke kedua.

“Setiap pasangan calon bisa lolos ke putaran kedua jika minimal mencapai magic number 33,3 persen, perlu diingatkan bahwa suara mereka yang belum menentukan pilihan biasanya berbagi ke semua calon,” kata dia.

Survei terbaru LSI Denny JA dengan tema "Siapa Tersingkir di Putaran Pertama Agus vs Ahok vs Anis" ini dilakukan pada 5 sampai 11 Januari 2017. Survei berdasarkan tatap muka dengan 880 responden.

Responden dipilih melalui metode multistage random sampling dan Margin of Error survei ini plus minus 3.4 persen.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home