Loading...
EKONOMI
Penulis: Francisca Christy Rosana 06:49 WIB | Kamis, 27 November 2014

Tahap untuk Membangun Indonesia Jadi Raksasa Ekonomi Dunia

“Ada tiga tahap yang harus dilalui untuk membentuk karakter manusia berkualitas yang siap membangun raksasa bernama Indonesia."
Charles Bonar Sirait, pakar strategi komunikasi saat menjadi pembicara dalam “Membangkitkan Raksasa Ekonomi Dunia Bernama INDONESIA” yang digelar oleh IYE! Indonesia Young Entrepreneurs pada Rabu (26/11) di Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta. (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Charles Bonar Sirait, pakar strategi komunikasi mengatakan untuk membangkitkan Indonesia sebagai raksasa ekonomi dunia diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas.

“Ada tiga tahap yang harus dilalui untuk membentuk karakter manusia berkualitas yang siap membangun raksasa bernama Indonesia,” kata Charles saat menjadi pembicara dalam “Membangkitkan Raksasa Ekonomi Dunia Bernama INDONESIA” yang digelar oleh IYE! Indonesia Young Entrepreneurs pada Rabu (26/11) di Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta.

 Tahap pertama, menurut dia adalah tahap ketergantungan. Pada tahap ini, karakter manusia diibaratkan seperti bayi.

“Masih harus merangkak dan masih merepoti orangtua. Sikap-sikap manusia di tahap ini adalah orang-orang yang kekanak-kanakan dan selalu minta dibantu juga masih egois,” kata dia.

Dalam hal pekerjaan, orang di tahap ini akan selalu bertanya pada rekannya, “Apakah ada lowongan untuk saya?” atau “Apakah Anda bisa membantu saya?”.

Menurut Charles, perusahaan biasanya harus memberi pelatihan ekstra ketika merekrut orang yang masih berada dalam tahap ini.

“Jika Anda berada di tahap ini, sebaiknya harus segera beralih dari zona nyaman dan menuju ke tahapan berikutnya,” ujar Charles.

Tahapan berikutnya adalah tahapanmendiri. Orang yang berada di tahap ini sudah mulai bisa belajar untuk berusaha sendiri dan sudah mulai bisa bekerja sama dengan orang lain. Hanya saja, orang-orang di tahap ini beberapa kali masih butuh dibantu.

“Memelihara hubungan dengan orang-orang seperti ini masih bisa diandalkan,” Charles menambahkan.

Tahapan terakhir adalah tahap multitasking. Tahap multitasking menurut Charles yang sangat diperlukan untuk membangun Indonesia menjadi raksasa ekonomi dunia.

“Di tahap ini, Anda sudah berada pada tahap yang dewasa, pola pikirnya pun sudah dewasa. Ciri-cirinya ialah cara berpikir lebih maju, mulai mempertimbangkan team work, dan rindu untuk selalu bersinergi guna memperluas jaringan,” Charles  menjelaskan.

Di tahap multitasking ini, biasanya orang akan selalu berkata “Apa yang bisa saya bantu untuk Anda?”

Dari ketiga tahap tersebut, kata Charles, negara butuh orang-orang yang berada di tahap mandiri dan multitasking untuk membangunkan Indonesia yang sedang tidur.

“Orang harusnya berada pada tahap multitasking ini atau paling tidak di tahap mandiri. Sementara itu, yang perlu kita kerjakan sekrang ialah menawarkan bantuan kepada presiden dan wakil presiden apa yang bisa dilakukan untuk bersinergi membangun Indonesia,” kata dia. 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home