Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 09:33 WIB | Jumat, 26 Agustus 2016

Taksi Tanpa Sopir Pertama Dunia Diuji Coba di Singapura

Ilustrasi: Robo-taxi yang diuji coba di Singapura. (Foto: AP)

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM -  Taksi tanpa sopir pertama di dunia telah beroperasi pada Kamis (25/8) di Singapura, dalam beberapa percobaan terbatas secara publik, mengalahkan raksasa seperti Uber dalam perlombaan untuk teknologi kendaraan revolusioner.

Layanan “robo-taksi” sedang diuji di sebuah kampus penelitian kecil yang cukup jauh dari lokasi pusat bisnis Asia tersebut.

Data dari percobaan akan dikirim ke kendaraan taksi tanpa sopir tersebut di seluruh Singapura pada 2018, kata nuTonomy, perusahaan perintis berbasis di Amerika Serikat (AS) yang mengembangkan perangkat dalam beberapa kendaraan.

“Percobaan itu merupakan kesempatan yang luar biasa untuk mengumpulkan data dari para pengendara di situasi dunia nyata,” kata kepala eksekutif nuTonomy serta pendiri lain, Karl lagnemma.

“Data tersebut akan memberikan nuTonomy keuntungan yang unik karena kami bekerja untuk meluncurkan armada kendaraan tanpa sopir pada 2018,” katanya.

Enam buah taksi -- Renault Zoe dan kendaraan listrik Mithsubishi i-MiEV-- akan beroperasi di area 4,0 kilometer persegi, dengan lokasi penjemputan dan penurunan.

Perjalanan menggunakan taksi tersebut harus dipesan melalui aplikasi smartphone perusahaan itu.(AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home