Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:52 WIB | Jumat, 29 Mei 2020

Taliban dan Afghanistan Bahas Pertukaran dan Pembebasan Tawanan

Tahanan Taliban yang baru dibebaskan saling menyapa di penjara Pul-i-Charkhi, di Kabul, Afghanistan pada Selasa (26/5/2020. (Foto: Reuters)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Tim Taliban beranggota lima orang berada di Kabul pada hari Kamis (28/5) untuk menindaklanjuti pembebasan tahanan pekan ini oleh pemerintah Afghanistan. Itu adalah pembebasan terbesar sejak kesepakatan antara Amerika Serikat dan Taliban awal tahun ini yang mendorong pertukaran tahanan antara pihak-pihak yang bertikai.

Javid Faisal, seorang juru bicara keamanan nasional Afghanistan, dan juru bicara politik Taliban, Suhail Shaheen, keduanya membenarkan bahwa sebuah tim Taliban berada di ibu kota Afghanistan, tanpa memberikan perincian.

Awal pekan ini, Shaheen mengatakan dari Qatar, tempat Taliban mempertahankan kantor politiknya, bahwa gerilyawan berencana untuk membebaskan sejumlah besar pejabat Afghanistan dan lainnya yang mereka tawan.

Kemudian pada hari Kamis, Shaheen mentweet bahwa Taliban melepaskan 80 tentara Afghanistan dan pejabat pemerintah lainnya dari penjara mereka di utara Provinsi Baghlan dan Kunduz. Ini berarti sudah 347 tawanan yang dibebaskan oleh Taliban. Dengan pembebasan ratusan Taliban pada hari Selasa (26/5), pemerintah Afghanistan telah membebaskan 2.000 pemberontak Taliban.

Bagian Kesepakatan

Pembebasan tahanan adalah bagian dari kesepakatan yang ditandatangani oleh AS dan Taliban pada akhir Februari, yang dirancang untuk membawa perdamaian ke Afghanistan dan memungkinkan tentara AS menarik pasukan, mengakhiri keterlibatan militer terpanjang AS.

Kesepakatan itu menyerukan pemerintah untuk membebaskan 5.000 tahanan Taliban dan bagi kelompok militan untuk membebaskan 1.000 personil pemerintah Afghanistan dan lainnya. Pembebasan tahanan akan membuka jalan bagi fase kritis kedua pihak dalam kesepakatan: negosiasi antara Taliban dan pemerintah Kabul pada peta jalan untuk Afghanistan pasca perang.

AS telah mulai menarik sekitar 13.000 tentara dari Afghanistan, penarikan yang diperkirakan akan berlangsung selama 14 bulan, dan itu tergantung pada Taliban untuk mematuhi janji mereka, dan untuk tidak membiarkan serangan terhadap AS dan sekutunya.

Pada hari Rabu (27/5), Presiden AS, Donald Trump, kembali menyerukan agar tentara Amerika segera kembali dan mendesak pasukan Afghanistan untuk meningkatkan pertahanan negara mereka. “Bawa tentara kita kembali ke rumah, tetapi perhatikan dengan cermat apa yang sedang terjadi, dan serang dengan guntur yang belum pernah terjadi sebelumnya, jika perlu! ''

Biaya Besar

Trump sering mengeluh tentang biaya perang yang sangat besar dan membawa pulang pasukan AS menjadi kunci utama dalam kampanye presiden tahun 2016. Washington juga menghabiskan US$ 4 miliar setahun untuk mempertahankan pasukan militer dan polisi Afghanistan.

Dalam laporan triwulanan, pengawas AS pada pengeluaran di Afghanistan mengatakan bahwa Washington telah menghabiskan lebih dari US$ 35 miliar untuk tata kelola dan pembangunan ekonomi, bahkan ketika pemerintah Afghanistan dipandang sangat korup.

Transparency International tahun lalu menempatkan Afghanistan di antara 10 negara paling korup di dunia. Tingkat kemiskinan juga meningkat tajam, dengan hampir 55% persen penduduk Afghanistan yang hidup dengan biaya sebesar US$ 1,90 sehari, dibandingkan dengan 34% pada 2012.

Secara terpisah, juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, mengatakan para pemberontak belum melakukan serangan baru sejak tahanan dibebaskan. Namun Taliban, belum mengatakan mereka akan menyetujui perpanjangan gencatan senjata baru-baru ini selama tiga hari liburan Idul Fitri.

Terlepas dari pernyataan Mujahid itu, pejabat pemerintah mengatakan sejumlah pos keamanan telah diserang. Pemerintah juga melakukan serangan udara di Provinsi Zabul pada hari Rabu (27/5). Taliban mengklaim warga sipil tewas dalam serangan udara itu sementara pihak berwenang mengatakan bahwa Taliban adalah sasarannya. Keterpencilan area membuat mustahil untuk memverifikasi rincian serangan secara independen. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home