Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 12:32 WIB | Kamis, 09 Mei 2019

Tarik Wisatawan, Mahasiswa UGM Buat Boneka Maskot Wonderful Indonesia

Boneka karya mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta maskot Wonderful Indonesia untuk tarik wisatawan, representasi dari satwa langka Indonesia. (Foto: ugm.ac.id)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) membuat boneka maskot wonderful Indonesia untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke tempat-tempat wisata Tanah Air.

Boneka maskot tersebut terdiri atas tiga karakter, yaitu Pongo, Rhino, dan Para. Ketiganya merupakan representasi dari hewan langka di Indonesia.

Karakter pertama adalah Pongo yaitu orang utan Sumatera yang memiliki nama Latin Pongo abelii dan orang utan Kalimantan dengan nama latin Pongo pygmaeus. Karakter kedua, Rhino, merupakan badak bercula satu atau Rhinoceros sondaicus. Terakhir, Para merupakan burung cenderawasih atau Paradisaedae.

“Ide membuat boneka maskot pariwisata nasional ini terinspirasi dari kegiatan Asian Games 2018. Cenderamata berupa boneka maskot Bhin Bhin, Atung, dan Kaka sangat diminati dan penjualannya melebihi target,” kata Rika Absoni, Senin (6/5) di UGM, seperti dilaporkan Ika dari Humas UGM dan dilansir situs ugm.ac.id.

Terinspirasi dari kesuksesan tersebut, mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM ini bersama tiga rekannya, M Dhiyah Ulhaq (Fakultas Ilmu Budaya/FIB), Almira Putri RD (FIB), dan Yoanes Adjie K (Sekolah Vokasi/SV) berinisiatif menghadirkan hal serupa untuk promosi pariwisata nasional. Mereka akhirnya mencetuskan gagasan memaparkan keindahan pariwisata Indonesia melalui media boneka maskot Indonesia. Lewat program kreativitas mahasiswa bidang kewirausahaan (PKM-K) UGM 2019 ketiganya mulai memproduksi boneka maskot Indonesia ini.

Boneka maskot tersebut dilengkapi dengan information tag yang dikaitkan pada lengan boneka. Berisikan berbagai fakta unik terkait objek wisata unggulan Indonesia.

Ketiga boneka dirancang mengenakan kain batik dengan motif berbeda, yakni Songket Siak Sumatera pada karakter Pongo, Kawung Jawa pada Rhino, dan Asmat Papua pada Para.  Sementara itu, pada bagian belakang kepala boneka terdapat dua gambar, yaitu destinasi wisata dan logo Wonderful Indonesia.

“Tempat wisata Tesso Nillo melekat pada karakter Pongo, Candi Borobudur pada karakter Rhino, dan Raja Ampat untuk karakter Para,” ia menjelaskan.

Boneka maskot ini, kata dia, diproduksi bekerja sama dengan produsen yang memproduksi boneka maskot Asian Games 2018. Untuk pemasaran, mereka tidak hanya  melakukan secara offline, tetapi juga online melalui media sosial dan marketplace daring seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli, dan Zalora.

Boneka maskot ini merupakan maskot edukasi pariwisata Indonesia pertama di Tanah Air. Selain memberikan gambar tentang keindahan alam, boneka ini juga menunjukkan keragaman budaya dan keunggulan pariwisata Indonesia.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home