Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 17:19 WIB | Kamis, 24 Juli 2014

Teman Tersangka Pengebom Boston Marathon 2013, Dihukum

Dzhokhar Tsarnaev (kanan) dengan Azamat Tazhayakov (kiri), dan Dias Kadyrbayev (tengah) di Times Square. (Foto: huffingtonpost.com)

BOSTON, SATUHARAPAN.COM – Seorang mantan teman sekelas tersangka pengebom Boston Marathon Dzhokhar Tsarnaev dinyatakan bersalah pada Senin (21/7) karena menyembunyikan bukti yang bisa menjelaskan kejadian di jam setelah serangan 2013.

Sebuah juri federal menghukum Azamat Tazhayakov karena dituduh menghalangi penyelidikan dan melakukan konspirasi untuk menghalangi keadilan, tetapi ia dinyatakan tidak bersalah atas dua tuduhan penghalangan lainnya.

Meskipun keputusan ini membuat Tazhayakov terancam dipenjara sampai 25 tahun, terdakwa tetap relatif tabah sebagai putusan dibacakan, sesaat menurunkan kepalanya ke telapak tangannya, sementara ibunya menangis.

Selama persidangan—dimulai 7 Juli dan berlangsung dua minggu—jaksa dan pengacara pembela sepakat pada waktu dasar peristiwa setelah pengeboman 15 April meskipun kedua belah pihak menafsirkan motivasi Tazhayakov dalam hal yang sangat berbeda.

Tazhayakov—bersama dengan dua teman-teman lain Tsarnaev, Robel Phillipos dan Dias Kadyrbayev, keduanya sedang diadili di September—dituduh membantu untuk menghapus sejumlah item memberatkan dari kamar asrama Tsarnaev di Dartmouth, Massachusetts pada malam 18 April. Item-item tersebut termasuk kembang api yang telah kosong mesiunya dan komputer laptop.

Malam itu, Kadyrbayev melemparkan laptop Tsarnaev ke tempat sampah, sementara Tazhayakov berulang kali mencari internet untuk informasi tentang pengeboman itu. Tazhayakov kemudian mengirim sms ke Kadyrbayev, menulis bahwa ia percaya pemerintah telah menangkap saudara Tsarnaev ini, Tamerlan, beberapa jam sebelum informasi tersebut dibuat publik.

Pengacara pembela mengatakan bahwa Tazhayakov, bersama dengan Phillipos, adalah penonton pasif, yang hanya menonton saat Kadyrbayev membuang barang-barang Tsarnaev. Mereka juga mengatakan bahwa terdakwa—siswa pertukaran dari Kazakhstan—gagal memahami keseriusan situasi, jatuh korban berawan penilaian remaja dan kurangnya konteks budaya.

“Kenyataannya adalah: mahasiswa berpikir secara berbeda,” Matthew Myers, seorang pengacara untuk Tazhayakov, mengatakan selama argumentasi penutup pada tanggal 16 Juli “Saya tidak meminimalkan apa yang terjadi di kota ini sedikit, tetapi ketika Anda sedang berbicara tentang mahasiswa, Anda sedang berbicara tentang berbeda pola pikir. “

Menurut jaksa, bukti awal penghilangan barang bukti berasal dari pesan teks yang dikirim ke Tsarnaev Tazhayakov sebelum pukul 21:00 pada tanggal 18 April yang berbunyi, “Ifyu want yu can go to my room and take what’s there :) but ight bro.

Sementara jaksa mengatakan teks adalah sinyal untuk Tazhayakov untuk menghapus kembang api dikosongkan dari kamarnya, pengacara pembela mengatakan wajah tersenyum adalah kode untuk ganja—penggunaan yang muncul selama kesaksian sebagai aspek sentral dari persahabatan Tsarnaev dan Tazhayakov.

Selama dua minggu persidangan, gambar Tazhayakov dan Tsarnaev mahasiswa semau gue dan senang menghisap ganja mengemuka. Menurut Bayan Kumiskali, pacar Kadyrbayev, hubungan antara keduanya berpusat pada ganja, nongkrong, dan kadang-kadang bermain sepak bola.

Ini potret santai dari Tsarnaev menambahkan lapisan lain kompleksitas persona tersangka pengebom itu, yang secara praktik Islam tampaknya radikal setahun di University of Massachusetts, Dartmouth, bahkan banyak teman-temannya mengatakan mereka tidak mengetahui bahwa ia sangat religius.

Dia mulai membahas ekstremisme religius dengan Tazhayakov dalam bulan-bulan menjelang serangan, memuji kebaikan syahid kepada temannya dan menyinggung teknik pembuatan bom.

“Agama saya adalah kebenaran saya,” membaca salah satu tweet Tsarnaev ini, disorot dalam profil Rolling Stone di Juni 2013.

“Saya tidak berdebat dengan orang bodoh bahwa Islam adalah terorisme. Itu tidak layak hal, biarkan seorang idiot tetap idiot,” tulisan lain Tsarnaev.

Sejumlah 12 orang juri dalam kasus Tazhayakov berdiskusi selama 15 jam selama tiga hari, dengan satu gangguan ketika juri sakit pada  Jumat. Hukuman dijadwalkan untuk 16 Oktober.

Tsarnaev dijadwalkan akan diadili pada November. Lokasi pengadilan masih belum jelas, namun, seperti pengacara tersangka pengeboman meminta perubahan tempat pada bulan Juni, mengutip “praduga bersalah yang sangat besar” di Massachusetts.

Tsarnaev dituduh menanam dua bom panci bertekanan di dekat garis finish Boston Marathon pada tanggal 15 April 2013, sebuah serangan yang menewaskan tiga orang dan melukai sedikitnya 264. Jika terbukti bersalah, ia bisa menghadapi hukuman mati. (csmonitor.com)

Artikel tentang Pengeboman di Maraton Boston dapat Anda baca di:


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home