Google+
Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Melki Pangaribuan 19:32 WIB | Rabu, 09 September 2020

Terancam Punah, Bayi Gorila Lahir di New Orleans AS

Ilustrasi. Gorila dataran rendah barat Kamba menggendong putranya yang berusia satu hari, Zachary di Kebun Binatang Brookfield di Brookfield, Illinois, Amerika Serikat, 24 September 2015. (Foto: VOA)

NEW ORLEANS, SATUHARAPAN.COM - Seekor bayi gorila lahir di kebun binatang di New Orleans.

Para petugas kebun binatang belum mengetahui jenis kelamin bayi gorila dataran rendah barat yang terancam punah itu.

Juru bicara Kebun Binatang Auduborn, Katie Smith, mengatakan bayi gorila itu lahir pada Jumat (4/9) dari induk yang bernama Tumani (13 tahun) dan ayah Okpara.

“Tumani menunjukkan perilaku keibuan yang sangat baik,” kata Smith kepada Associated Press melalui email.

Ia mengatakan penjaga pertama kali melihat bayi itu saat pemeriksaan pada Jumat (4/9) pagi.

Bayi gorila itu memiliki berat sekitar 1,8 kilogram saat lahir. Foto dan video dari kebun binatang menunjukkan Tumani sedang memeluk bayinya yang mungil.

“Semua induk gorila punya cara menggendong bayi yang berbeda. Beberapa bahkan menggendong seperti gaya sepak bola Amerika,” tulis Smith.

“Pada awalnya, dia memeluk di dekat mulutnya ... untuk membersihkan. Dia membawanya secara berbeda sekarang. Dia lebih menggendongnya di bagian belakang dan menjaganya tetap rendah sehingga bisa menyusu."

Ketika para petugas mengetahui bahwa Tumani hamil, dia dilatih untuk menggendong bayi dengan menggunakan “boneka” yang terbuat dari kanvas.

Berasal dari Afrika Tengah, gorila dataran rendah barat dinyatakan terancam punah pada 2007 karena hilangnya habitat, serta kematian yang disebabkan oleh virus Ebola. Selain itu, mereka juga terancam para pemburu yang membunuh mereka secara ilegal untuk diambil dagingnya.

Bayi itu setidaknya adalah gorila dataran rendah barat keempat yang lahir di kebun binatang AS pada tahun ini. Seekor betina lahir 18 Januari di Kebun Binatang Los Angeles.

Kebun Binatang Woodland Park di Seattle mengumumkan kelahiran seekor jantan pada Maret, dan Kebun Binatang Toledo mengumumkan kelahiran jantan lainnya pada Agustus.

Ini adalah kelahiran gorila pertama Audubon dalam hampir 25 tahun. Gorila sulung kebun binatang adalah Praline, yang berusia 24 tahun dan masih berada di kebun binatang, di mana pasukannya juga termasuk betina ketiga, Alafia. (VOA

 

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home