Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Dewasasri M Wardani 19:04 WIB | Senin, 22 Juli 2019

Terancam Punah, Riset Teripang Terus Dikembangkan

Teripang, biota laut yang mempunyai potensi nilai ekonomi tinggi. (Foto: lipi.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Teripang merupakan biota laut yang mempunyai potensi nilai ekonomi tinggi. “Teripang dapat menjadi sumber bahan pangan, suplemen dan obat obatan yang bernilai ekonomi tinggi. Selain itu, teripang terbukti memiliki kandungan gizi sebagai sumber nutrisi untuk pencegahan stunting,” kata Kepala Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, Dirhamsyah, pada Media Briefing “Riset Teripang di Indonesia” yang diselenggarakan di Jakarta, 16 Juli lalu. 

Dalam dua dekade terakhir, menurut Dirhamsyah, telah terjadi pergeseran jenis teripang tangkapan (spesies shifting). “Pergeseran tersebut mengindikasikan bahwa jenis tertentu sudah semakin sulit ditemukan di alam,” katanya.

“Ada 56 jenis teripang telah dieksplorasi untuk perdagangan, saat ini kami sedang  melakukan budidaya teripang di Lombok, Nusa Tenggara Barat,” ia menambahkan. 

Tantangan pemanfaatan teripang saat ini adalah populasi di alam yang makin menurun. “LIPI telah meluncurkan buku Teripang Indonesia yang memetakan jenis, sebaran, dan status nilai ekonomi teripang,” kata Dirhamsyah.

Ia mengharapkan teripang dapat masuk ke Apendix 2 CITES,  sehingga pemanfaatan bisa dilakukan tanpa mengganggu keseimbangan populasinya di alam.

Cahyo Rahmadi dari Pusat Penelitian Biologi LIPI menjelaskan, peran LIPI sebagai otoritas ilmiah berperan penting dalam pemanfaatan satwa liar seperti teripang menjadi sangat krusial.

“Budidaya teripang harus berdasarkan tiga prinsip utama CITES yaitu ketertelusuran, legalitas, dan keberlanjutan," kata Cahyo.

Ia menjelaskan, teripang merupakan spesies akuatik yang akan diusulkan untuk pencantuman ke dalam Apendix II CITES, yang di selenggarakan pada bulan Agustus 2019 mendatang di Jenewa, Swiss.

Saat ini Pusat Oseanografi LIPI juga mengeluarkan buku berjudul Timun Laut dari Perairan Dangkal Indonesia yang merupakan monografi terlengkap dengan kunci-kunci identifikasi teripang serta "Panduan Penyusunan Dokumen Non Detriment Finding Teripang di Indonesia" sebagai bentuk komitmen untuk mempersiapkan teripang tercatat dalam Apendix 2 CITES. (lipi.go.id)

 

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home