Loading...
INSPIRASI
Penulis: Endang Hoyaranda 09:00 WIB | Senin, 05 Juni 2017

Terbang Tinggi bersama Rajawali

Jika ingin terbang tinggi bersama rajawali, Anda tak layak berkelompok dengan kalkun (Warren Buffett)
Foto: istimewa

SATUHARAPAN.COM – Peter Legge adalah seorang  motivator kondang dari Kanada. Salah satu bukunya berjudul How To Soar With The EaglesTerbang Tinggi bersama Rajawali.  Bersama rajawali memungkinkan untuk melihat alam dari ketinggian. Secara simbolik, bersama rajawali mencerminkan hidup yang lebih visioner, lebih mulia.

Peter Legge dalam bukunya itu menuturkan bahwa dalam hidupnya ada 10 prinsip  yang menolongnya untuk terbang tinggi bersama rajawali. Berikut petikan mengenai 10 prinsip itu.

  1. Bersikap tangguh

Gagal itu boleh.  Gagal itu keniscayaan. Sejak saat  membuat keputusan, Anda tahu ada kemungkinan gagal. Tetapi Anda tidak berhenti ketika Anda jatuh. Anda bangkit, mengibaskan debu dari tubuh Anda,  kemudian Anda membuat  lebih banyak keputusan daripada sebelumnya, yang kali ini didukung oleh kearifan yang diperoleh dari kesalahan lalu. Sukses adalah hasil dari mencari kesempurnaan, kerja keras dan belajar dari kegagalan.

  1. Menyatakan kejujuran dalam kata dan sikap

Bersikap dan berkata jujur.  Setiap saat tanpa kecuali. Jangan dengan imbuhan ”seandainya”, ”akan tetapi”, atau ”mungkin”.

  1. Bertanggung jawab

Jadilah orang yang dapat diandalkan. Bukankah itu yang Anda ingin orang pikirkan tentang Anda?  Jika dalam proses merekrut karyawan, hal ini menjadi keutamaan, maka amanlah setiap atasan meninggalkan bawahannya tak ada keraguan bahwa tanggung jawab akan dipenuhi

  1. Menaruh perhatian terhadap orang lain

Berpikirlah tentang orang lain sebelum memikirkan diri sendiri. Mungkin inilah hal terberat yang Anda lakukan sepanjang hidup. Namun, satu kali berhasil melakukannya, akan semakin mudah untuk meneruskannya.  Jangan terfokus pada mencari apa keuntungannya bagi Anda (what’s in it for me), karena keuntungan akan mengalir pada waktunya. Bila  menjalani hidup dengan melayani orang lain, mendukung dan membesarkan hati orang lain, melihat hal luar biasa dalam hal-hal biasa, dalam segala perkara mementingkan orang lain, itulah awal dari kebahagiaan dan sukses

  1. Menjaga kerahasiaan

Hargailah kerahasiaan. Janganlah membagi informasi yang dipercayakan kepada Anda! Seraplah, simpanlah, dan berjalanlah terus dengan kehidupan.

  1. Menjaga ketepatan waktu

Apakah hal ini demikian penting? Betul sekali. Berusahalah selalu tepat waktu. Jangan pernah menganggap remeh kepercayaan orang terhadap Anda yang tepat waktu.  Anda  tidak akan menduga betapa kebiasaan ini akan menambah kredibilitas Anda. Satu dua kali Anda abai, kepercayaan orang atas keterandalan Anda akan meluntur

  1. Mengendalikan diri

Jangan pernah membuat keputusan pada saat dilanda emosi.  Hitunglah 10 hitungan, atau lakukan apa pun untuk menunda keputusan. Keputusan  harus dibuat secara objektif, dan harus dipenuhi kearifan. Kalau perlu bawalah tidur dulu. Sering kali masalah terlihat berbeda keesokan harinya.

  1. Sabar

Masa untuk menanti selalu muncul dalam hidup. Bersedialah menunggu, khususnya pada saat kesabaran amat diperlukan.  Sabar menunggu sampai cita-cita tercapai, sabar menunggu sampai tujuan pribadi terpenuhi,  sabar menunggu kawan bicara selesai mengutarakan pendapatnya, dan masih banyak lagi. Bersabarlah! Waktu Anda akan tiba.

  1. Menjaga kemurnian

Jagalah kemurnian. Tolaklah segala tantangan yang akan merendahkan martabat dan  standar pribadi. Jangan beri peluang penyesalan pada kemudian hari.  Diri sendirilah yang harus memegang teguh apa yang baik. Hanya ada satu jalan ke sana. Berpeganglah pada jalan itu dan jalanilah. Pada akhir perjalanan, Andalah yang akan dapat berjalan dengan kepala tegak.

  1.  Menaruh empati

Bila ada seorang yang terluka hatinya, rasakanlah perasaaan itu bersamanya. Memberikan empati  selalu memperkaya kehidupan dengan berlimpah.

Demikianlah kesepuluh 10 hal penting dalam hidup Peter legge. Mungkin dapat diadopsi seluruhnya, atau mungkin  juga dipilih  seperangkat nilai lain, terserah. Yang penting adalah setiap orang memiliki seperangkat nilai yang ia pegang teguh dan yang diyakini akan membawa kepada kemuliaan hidup.  Jangan menoleransi nilai yang lebih rendah karena terbang tinggi bersama rajawali tak mungkin dicapai dengan berkelompok bersama kalkun.

 

Email: inspirasi@satuharapan.com

Editor : Yoel M Indrasmoro


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home