Google+
Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 08:39 WIB | Minggu, 05 Juli 2020

Terkait Rasisme, Nama Stasiun Berlin Mohrenstrasse" Akan Diganti

Nama stasiun di Berlin, Jerman yang berarti Jalan Moor, dinilai penghinaan bagi kulit hiam Afrika, dan pihak otoritas akan mengganti nama itu. (Foto: dok. Ist)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM-Perusahaan transportasi umum Berlin, Jerman, BVG, mengatakan pada hari Sabtu (4/7) bahwa mereka akan penggantian nama stasiun metro pusat kota yang sekarang menggunakan dengan nama berdasarkan kata menghina untuk orang kulit hitam.

Stasiun metro di Berlin, "Mohrenstrasse" secara harfiah berarti Moor Street (Jalan Moor), menggunakan istilah abad pertengahan untuk orang-orang dari Afrika Utara. Perubahan nama itu akan memakan waktu sampai akhir tahun ini.

Stasiun ini akan diberi nama ulang setelah jalan lain di dekatnya, Glinkastrasse, dinamai dengan nama komposer Rusia abad ke-19, Mikhail Ivanovich Glinka.

BVG mengatakan pada hari Jumat bahwa itu akan mengubah nama stasiun, di tengah perhatian di seluruh dunia tentang warisan rasisme dan kejahatan kolonial yang mendasari banyak masyarakat barat. Isu ini dipicu oleh kematian warga Amerika Serikat, George Floyd, seorang pria kulit hitam, di tangan seorang petugas polisi di Minnesota.

Stasiun tersebut terletak beberapa ratus meter dari Gerbang Brandenburg di pusat kota Berlin, dan telah mengalami banyak pergantian nama sejak dibuka pada tahun 1908.

"Kami akan mengubah semua rencana jaringan, rambu di stasiun dan di bus. Semuanya harus diubah di kereta bawah tanah," kata Rolf Erfurt, seorang anggota dewan BVG, dalam sebuah wawancara dengan Reuters TV. "Kami akan menyelesaikannya pada akhir tahun ini," katanya.

Bulan lalu, aktivis yang tidak dikenal menempel di pintu masuk stasiun, untuk sementara menamainya "George Floyd Street".

"Saya pikir itu fantastis (untuk mengganti nama stasiun) karena saya pikir tidak semestinya pada abad ke-21 menyebutkan nama jalan setelah penghinaan rasis terhadap orang kulit hitam," kata Akwasi Osei-Dwomoh, seorang pejalan kaki.

“Saya berharap tidak hanya stasiun metro, tetapi juga jalan itu sendiri, akan menemukan nama yang lebih baik."

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home