Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:51 WIB | Selasa, 14 Juli 2020

Terkait Uygur, China Jatuhkan Sanksi pada Empat Politisi Amerika Serikat

Juru bicara kementerian luar negeri China, Hua Cunying. (Foto: dok. Reuters)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-China telah memutuskan untuk menjatuhkan sanksi pada sebuah lembaga dan empat orang Amerika Serikat dengan efek langsung karena "bertindak kejam" pada masalah yang berkaitan dengan Daerah Otonomi Uygur Xinjiang, kata seorang juru bicara kementerian luar negeri, hari Senin (13/7).

Menurut juru bicara Hua Chunying pada jumpa pers harian, sanksi akan diterapkan pada Komisi Eksekutif Kongres AS untuk China, Senator Marco Rubio, Senator Ted Cruz, Anggota Kongres Chris Smith, dan Sam Brownback, duta besar AS untuk Kebebasan Beragama Internasional.

"Praktik AS itu merupakan gangguan serius dalam urusan dalam negeri China, suatu pelanggaran berat terhadap norma-norma dasar yang mengatur hubungan internasional, dan sangat membahayakan hubungan China-AS," kata Hua. "China menentang dengan tegas dan sangat mengecam tindakan seperti itu."

Hua menunjukkan bahwa urusan Xinjiang sepenuhnya urusan dalam negeri China, dan Amerika Serikat tidak berhak, dan tidak dalam posisi untuk campur tangan.

"Pemerintah China bertekad untuk menjaga kedaulatan nasional, kepentingan keamanan dan pembangunan, memerangi terorisme dan kekerasan, separatisme dan ekstremisme agama, dan menentang campur tangan asing dalam urusan Xinjiang dan urusan internal China lainnya," kata juru bicara itu.

"Kami mendesak Amerika Serikat untuk segera menarik keputusannya yang salah, dan menghentikan setiap komentar atau upaya untuk mencampuri urusan dalam negeri China, dan merusak kepentingan China," kata Hua. Dia menambahkan bahwa China akan membuat keputusan lebih lanjut mengikuti perkembangan situasi. (Xinhua)

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home