Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:27 WIB | Senin, 04 November 2019

Teroris Mesir dan Somalia Dukung Pemimpin Baru ISIS

Pegunungan Sinai, Mesir. (Foto: Ist)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM-Kelompok teroris di Provinsi Sinai, Mesir yang berafiliasi dengan Negara Islam atau ISIS, menyatkan setia kepada pemimpin baru yang disebut oleh kelompok itu setelah kematian Abu Bakar al-Baghdadi, kata afiliasi itu melelaui Telegram, hari Sabtu (2/11), seperti dikutip Reuters.

Sementara itu, kelompok teroris yang ada di Somalia juga menyatakan mereka mendukung pemimpin baru ISIS atau Negara Islam.

Kelompok di Provinsi Sinai, yang telah melancarkan pemberontakan terhadap negara Mesir, memposting gambar sekitar dua lusin pejuang yang berdiri di antara pohon-pohon, dengan judul yang mengatakan mereka berjanji setia kepada Abu Ibrahim al-Hashemi al-Quraishi.

Quraishi disebutkan pada hari Kamis (31/10) dalam sebuah pesan audio yang juga mengkonfirmasi kematian al-Baghdadi dan bersumpah akan membalas dendam terhadap Amerika Serikat. Pasukan khusus AS telah membunuh al-Baghdadi dalam serangan di Suriah barat laut.

ISIS melakukan serangan gerilya sejak secara signifikan kehilangan wilayah terakhirnya di Suriah pada bulan Maret. Mereka telah memposting puluhan klaim tanggung jawab atas serangan di beberapa negara.

Pasukan darat dan udara Mesir melancarkan serangan besar yang berfokus pada Sinai Utara awal tahun lalu. Operasi militer dan serangan militan masih berlanjut di daerah itu.

Kelompok teroris di Somaia yang berafiliasi dengan ISIS, dan merupakan  salah satu pos paling penting dari kelompok militan itu, bersumpah setia dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu kepada pemimpin baru yang disebutkan oleh organisasi setelah kematian Abu Bakar al-Baghdadi.

Mereka menyebutnya sebagai Provinsi Somalia, dan telah memposting foto-foto tentang beberapa jihadis dengan keterangan yang mengatakan mereka berjanji setia kepada Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi.

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home