Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 17:29 WIB | Senin, 03 Agustus 2020

Tes Deteksi Covid-19 dalam 90 Menit, Inggris Siapkan Jutaan

Alat tes mandiri virus corona di lokasi tes di Poole, Inggris, di tengah pandemi virus corona, 2 Mei 2020. (Foto: VOA)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Menteri Kesehatan Inggris mengumumkan, Senin (3/8), bahwa pemerintah Inggris akan meluncurkan jutaan tes Covid-19 yang bisa mendeteksi virus itu dalam 90 menit.

Tes Covid-19 itu akan didistribusikan ke berbagai rumah sakit, panti jompo dan laboratorium di Inggris untuk meningkatkan kapasitas dalam beberapa bulan mendatang.

Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock memaparkan sebanyak 5,8 juta tes akan menggunakan DNA dan 450.000 menggunakan tes usap. Kedua tes itu tidak perlu dilakukan oleh petugas kesehatan.

"Karena bisa mendeteksi flu serta Covid-19, tes-tes itu akan sangat bermanfaat ketika memasuki musim dingin, supaya para pasien bisa mengikuti anjuran yang benar untuk melindungi diri sendiri dan lainnya," katanya.

Secara terpisah, Dinas Kesehatan Nasional yang dibiayai publik mengatakan akan menawarkan pengobatan yang "ramah Covid-19" kepada para pasien kanker, termasuk obat-obatan yang tidak berdampak besar pada sistem kekebalan tubuh.

Menurut data Reuters, Minggu (2/8), sistem layanan kesehatan Inggris sempat kewalahan sewaktu puncak wabah Covid-19 di negara itu, yang telah menewaskan lebih dari 46.000 orang, angka keempat tertinggi di dunia, Minggu (2/8). (VOA)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home