Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 08:48 WIB | Jumat, 28 November 2014

Tiga Tim Britania Melaju Ke Fase Gugur Liga Europa

Benjamin Stambouli melepaskan tembakan yang membuahkan gol pada laga Tottenham vs Partizan Belgrade Serbia. Jumat (28/11) WIB. (Foto: bbc.com)

PARIS, SDATUHARAPAN.COM - Dua tim Liga Utama Inggris Everton dan Tottenham Hotspur mengunci tiket lolos ke fase gugur Liga Europa pada Kamis (Jumat 28/11 WIB), sedangkan Celtic juga melaju meski kalah dari Salzburg.

The Toffees mengamankan tempat di putaran 32 besar sebagai juara Grup H berkat kemenangan 2-0 atas Wolfsburg di Jerman.

Tottenham lolos dari Grup C berkat kemenangan 1-0 atas tamunya yang merupakan pemuncak klasemen Liga Serbia Partizan Belgrade, dan kekalahan 1-3 di Salzburg tidak dapat mencegah tim Skotlandia itu melaju dengan menyisakan satu pertandingan yang belum dimainkan.

Everton sudah mengetahui pada pertengahan pertandingan bahwa mereka sudah membuka jalur menuju putaran 32 besar, ketika berita-berita menyiarkan bahwa pertandingan lain Grup H antara FC Krasnodar dan Lille di Rusia berakhir imbang 1-1.

Dan gol-gol dari dua pemain Belgia Romelu Lukaku dan Kevin Mirallas mengamankan kemenangan bagi "The Toffess" ketika mereka memperpanjang laju tidak terkalahkan mereka menjadi delapan pertandingan, dan menggaransi tempat teratas di grup.

"Ini merupakan penampilan tandang yang sempurna. Serangan-serangan balik kami mematikan dan saya pikir kami tampil mengagumkan," kata pelatih Everton Roberto Martinez.

"Pujian juga layak diberikan kepada lima bek sebab tidak kemasukan sama sekali merupakan pencapaian fantastis."

Sylvain Distin mendapat peluang untuk membawa Everton unggul pada fase awal pertandingan, namun bola menghantam mistar gawang sebelum Ivan Perisic kemudian mencetak gol namun dianulir karena offside, meski keputusan offside itu kurang tepat.

Tim tamu kemudian kemudian kehilangan James McCarthy karena cedera otot paha belakang setelah bermain selama setengah jam, namun pasukan Martinez kemudian membuka keunggulan dua menit sebelum turun minum melalui serangan balik klasik menyusul tendangan sudut bagi Wolfsburg.

Mirallas menyentuh bola menuju jalur kompatriotnya Lukaku, yang terbukti terlalu kuat bagi Junior Malanda dan terlalu cepat untuk Perisic sebelum menuntaskan serangan dengan penyelesaian sempurna.

Dan Everton memperbesar keunggulan mereka 15 menit sebelum pertandingan usai, ketika Lukaku memberi umpan untuk diselesaikan Mirallas.

Dengan hasil ini berarti Wolfsburg akan tersingkir jika mereka kalah di Lille pada pertandingan terakhir fase grup dua pekan mendatang. 


Stambouli mencetak gol untuk Spurs

Tottenham mencatatkan kemenangan beruntun ketiganya di Grup C, mengalahkan Partizan di White Hart Lane pada pertandingan yang sempat dihentikan selama sepuluh menit pada babak pertama akibat masuknya penonton ke dalam lapangan.

Pasukan Mauricio Pochettino mempertahankan kiprah mereka pada Piala Eropa tahun depan, yang didapat melalui gol tunggal Benjamin Stambouli saat babak kedua berlangsung empat menit. 

Stambouli mencetak gol perdananya sejak kepindahannya dari Montpellier pada musim panas, dengan menyambar bola tembakan Roberto Soldado yang mengenai tiang gawang.

Klub London itu sekarang tahu bahwa hasil imbang di Turki dua pekan mendatang, saat mereka berhadan dengan Besiktas - yang juga telah lolos - sudah cukup untuk membawa mereka lolos.

Pada awal pertandingan yang berlangsung sengit, Celtic tertinggal 0-2 dalam waktu 13 menit saat mereka melawan Salzburg yang telah lolos, ketika penyerang Alan mencetak dua gol.

Stefan Johansen segera memperkecil ketertinggalan timnya ketika ia meneruskan umpan silang Emilio dari sisi kiri, namun juara Skotlandia itu tidak mampu menyamakan kedudukan dan pertandingan itu berakhir ketika Naby Keita menanduk bola uang berbuah gol menjelang pertandingan usai.

Namun demikian, kemenangan 1-0 yang diraih Astra Giurgu atas Dinamo Zagreb berarti Celtic lolos dari Grup D apapun hasil pertandingan di Kroasia dua pekan lagi.

Di tempat lain, Dinamo Moscow mengalahkan Panathianikos dengan skor 2-1 untuk mengamankan lolosnya mereka ke putaran 32 besar dari Grup E.

Di grup yang sama, pertandingan Estril menjamu PSV EIndhoven akan diteruskan pada Jumat setelah dihentikan saat turun minum akibat hujan deras, di mana tim Portugal itu sedang unggul 3-2.

Inter mengunci peringkat pertama Grup F dengan bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan Dnipro dengan skor 2-1 di San Siro, dan tim Italia lainnya Napoli juga lolos ke fase gugur setelah bermain imbang 0-0 dengan Sparta Prague di Grup I.

Feyenoord mengalahkan juara bertahan Sevilla dengan skor 2-0 untuk melaju dari Grup C, sedangkan Dinamo Kiev menang 2-0 di markas Rio Ave untuk mengamankan tiket mereka lolos dari Grup J, dan Trabzonspor melaju dari Grup L setelah menang 3-1 atas Metalist Kharkiv di Turki. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home