Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:04 WIB | Kamis, 01 Agustus 2019

Tim Olimpiade Kimia Indonesia Persembahkan Empat Medali

Tim Indonesia berhasil mempersembahkan empat medali yaitu dua medali perak dan dua perunggu, pada ajang bergengsi Olimpiade Kimia Internasional ke-51 atau 51st International Chemistry Olympiad (IChO) di Paris, Prancis. (Foto kemdikbud.go.id)

PARIS, SATUHARAPAN.COM – Tim Indonesia berhasil mempersembahkan empat medali, dua medali perak dan dua perunggu, pada ajang bergengsi Olimpiade Kimia Internasional ke-51 atau 51st International Chemistry Olympiad (IChO) di Paris, Prancis. Medali perak diraih Bakuh Danang Setyo Budi (SMA Semesta BBS Semarang) dan Winston Cahya (SMAK Petra 2 Surabaya), sedangkan medali perunggu dipersembahkan Jessica Marry Listijo (SMAK BPK Penabur Gading Serpong Tangerang Selatan) dan Bayu Dwi Putra (SMAN 2 Tangerang Selatan).

Olimpiade Kimia Internasional berlangsung dari tanggal 21 hingga 30 Juli 2019, di The National School of Physical Chemistry and Biology (NSPCB) - Pierre-Gilles de Gennes High School, Paris, Prancis. Tim Indonesia dipimpin oleh Riwandi Sihombing PhD, Prof Dr Djulia Onggo, Dr Deana Wahyuningrum, dan Dr rer nat Agustino Zulys.

Kompetisi bergengsi di bidang kimia ini menguji kemampuan peserta olimpiade kimia dalam penguasaan teori kimia, dan keterampilan praktikal di laboratorium. Kompetisi IChO tahun 2019 ini dikuti 300 siswa dari 80 negara dari seluruh dunia, ditambah 6 negara sebagai observer (tanpa mengikutsertakan siswa). Setiap negara peserta paling banyak dapat mengirimkan empat siswa terbaik bidang kimia di negaranya.

Keempat siswa Indonesia yang berkompetisi di olimpiade kimia ini terpilih melalui proses seleksi berjenjang yang ketat. Dari dari 30 siswa hasil Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2018 di Kota Padang, dilakukan tiga tahapan proses seleksi. Tahapan yang meliputi pelatihan, pembinaan dan seleksi berlangsung selama delapan minggu.

Dalam proses pelatihan, mereka dibimbing oleh staf pengajar dari Departemen Kimia FMIPA Institut Teknologi Bandung dan Departemen Kimia FMIPA Universitas Indonesia. Program pelatihan yang dilakukan disesuaikan dengan materi dalam silabus IChO serta silabus teori dan praktik yang disusun oleh steering Committe IChO. Sebagian besar materi tersebut belum atau bahkan tidak pernah diberikan di tingkat SMA di Indonesia. (kemdikbud.go.id)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home