Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 18:13 WIB | Rabu, 28 Desember 2016

Tiongkok Pamer Kekuatan Militer Jelang Pelantikan Trump

Foto yang diambil pada 24 Desember 2016 menunjukkan kapal induk Tiongkok Liaoning saat berlayar dalam rangka latihan militer di Pasifik. (Foto: AFP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM –Sebulan sebelum pelantikan presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump, yang meningkatkan ketegangan antara Beijing dan Taipei, Tiongkok terlihat memamerkan peralatan tempur terbarunya seperti sebuah kapal induk di Pasifik dan pesawat tempur terbaru.

Dalam beberapa hari terakhir media pemerintah mengumumkan bahwa satu-satunya kapal induk negara tersebut, Liaoning, sedang dalam perjalanan ke Pasifik untuk pertama kalinya, sedangkan sebuah pesawat tempur baru FC-31, telah melakukan penerbangan perdananya.

Peralatan tersebut adalah langkah terbaru dalam beberapa tahun untuk membangun militer Tiongkok, saat Beijing ingin mencapai kekuatan global lebih besar guna mengimbangi kekuatan ekonominya dan menegaskan dirinya lebih agresif di wilayahnya sendiri, namun pemilihan waktunya menibulkan pertanyaan tentang niat mereka.

Tiongkok memamerkan kekuatan militer dipicu setelah Trump merusak kesepakatan empat dekade Amerika Serikat (AS) dengan menerima telepon dari pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen, meski Tiongkok menolak untuk setiap kontak resmi antara mitra asingnya dan pemimpin Taiwan.

Dengan kapal perang pendamping, Liaoning berada di Laut Tiongkok Selatan pada senin, menurut kementerian pertahanan Taiwan yang memantau kapal induk tersebut di lepas pantainya.(AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home