Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben Ezer Siadari 09:58 WIB | Selasa, 26 Mei 2015

Tiongkok Pangkas Tarif Impor untuk Pacu Konsumsi Domestik

Pemotongan tarif pajak impor berlaku untuk pakaian, sepatu, produk perawatan kulit, makanan bayi dan perlengkapan dan peralatan dapur. (Foto:lifeofguangzhou.com)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Tiongkok mengumumkan  pada hari Senin (25/5) akan memotong pajak impor untuk pakaian, kosmetik dan beberapa barang lain sampai 50 persen sebagai taktik baru untuk memacu belanja konsumen dan pertumbuhan ekonomi.

Beijing tengah berada pada upaya maraton untuk mengurangi ketergantungan pada perdagangan dan investasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dengan mendorong konsumsi domestik.

Pemotongan tarif yang berlaku mulai 1 Juni itu diharapkan tercipta keadaan kondusif untuk memacu ekspansi ke level impor yang wajar, kata pernyataan Kementerian Keuangan. "Memperluas permintaan konsumen domestik merupakan cara penting untuk pertumbuhan yang stabil dan penyesuaian struktural."

Pemotongan tarif pajak impor tersebut berlaku untuk pakaian, sepatu, produk perawatan kulit, makanan bayi dan perlengkapan dan peralatan dapur.

Berdasarkan data, pertumbuhan penjualan ritel Tiongkok menurun menjadi 10 persen pada April, turun dari bulan Maret 10,2 persen dan di bawah ekspektasi 10,4 persen. Impor jatuh sebesar 16,2 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home