Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 08:16 WIB | Senin, 27 Juli 2015

Tiongkok Siap Perdalam Kerja Sama Perdagangan dengan Ghana

Duta Besar Tiongkok untuk Ghana Sun Baohong. (Foto: todayghananews.com).

ACCRA, SATUHARAPAN.COM – Duta Besar Tiongkok untuk Ghana Sun Baohong, mengatakan Tiongkok siap  memperdalam kerja sama ekonomi dengan Ghana untuk menciptakan manfaat yang lebih menguntungkan.

“Kami siap untuk memperkuat kerja sama dengan Ghana secara win-win solution dan melaksanakan berbagai projek yang sesuai dengan kebutuhan Ghana. Kami melihat saat ini Ghana diberkahi dengan pasar yang sangat terbuka, tenaga kerja terdidik, keuntungan geografis, ini merupakan dasar yang relatif baik untuk pembangunan," kata Sun saat berpidato di putaran final 2015 ENACTUS (Kompetisi untuk Wirausaha tingkat Mahasiswa di Ghana) seperti diberitakan xinhua.net, Sabtu (25/7).

“Tiongkok telah menjadi tujuan penting dari pariwisata, belajar di luar negeri dan bisnis untuk orang-orang Ghana," kata Sun.

Ghana dan Tiongkok menjalin hubungan diplomatik 55 tahun yang lalu. Perdagangan bilateral antara kedua negara mencapai 5.600.000.000 dolar AS pada akhir 2014, dengan ekspor Ghana ke Tiongkok mencapai 1,4 miliar dolar AS.

Sun memuji pertumbuhan di sektor perdagangan.  “Kedua negara harus melakukan lebih banyak lagi,” dia menambahkan.

Sun mengatakan pendekatan Tiongkok yakni pembangunan industri dapat membantu Ghana dalam upaya untuk transformasi ekonomi ke arah industrialisasi dan peningkatan ekspor. Dia juga menyerukan kerjasama yang lebih di bidang manufaktur antara kedua negara.  

"Sekarang, Ghana mengejar industrialisasi dan strategi yang berorientasi ekspor. Mengambil alih kapasitas industri yang kompetitif dari Tiongkok, kami melihat Ghana dapat mengalami  pertumbuhan ekonomi signifikan apabila Ghana merevitalisasi sektor manufaktur karena menopang kapasitas tulang punggun dan ketahanan ekonomi suatu negara, ditambah lagi mengurangi defisit perdagangan dengan Tiongkok,” kata dia.

Menurut catatan statistik xinhua.net  Ghana memiliki jumlah terbesar generasi muda usia pelajar dan mahasiswa terbesar di Afrika, atau jumlahnya kira-kira yang tercatat melanjutkan studi di lembaga pendidikan di Tiongkok kira-kira mencapai  3.400 orang. (xinhua.net)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home