Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 13:59 WIB | Rabu, 04 November 2020

Tips Agar Terhindar Dari Cyber Crime

Ilustrasi. (Foto: niagahoster.co.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kejahatan dunia maya (cyber crime) dapat menimpa siapa saja. Tanpa mengenal waktu dan tempat para pelaku menyasar individu maupun perusahaan.

Kejahatan daring (online) ini dapat dilakukan oleh perorangan atau sindikat dalam mencuri data pribadi mulai dari identitas nama, nomor handphone, alamat, hingga rekening korban. Semua data tersebut dipergunakan untuk keuntungan pelaku.

Aksi cyber crime dapat terjadi melalui serangan malware, phishing, deface website, DDoS attacks, dan hacking. Berbagai jenis cyber crime, seperti identity theft, carding, dan cyber extortion tentu mesti diwaspadai untuk tidak mudah terjebak pada aksi yang dilakukan oleh para pelaku cyber crime.

Berikut sejumlah tips agar Anda dapat terhindar dari cyber crime seperti dilansir dari blog Niagahoster, hari Rabu (4/11).

1. Terapkan 2-Factor Authentication

Mungkin sebagian dari Anda sudah mengenal 2FA (2-Factor Authentication). 2FA merupakan metode keamanan verifikasi pengguna secara real-time dengan kode unik yang dibuat saat itu juga pada website resmi.

Metode keamanan 2FA sudah diterapkan oleh perusahaan ternama, seperti Google, Facebook, Yahoo, dan lain sebagainya. Metode 2FA ini mengharuskan pengguna tidak hanya memasukkan username dan password mereka, namun juga akan diminta memasukkan kode OTP (one-time password) yang dikirimkan melalui SMS atau e-mail.

Akan tetapi Anda perlu memperhatikan dengan cermat website tersebut saat melalukan 2FA. Waspadai website palsu yang digunakan oleh pelaku cyber crime yang menyerupai website asli.

2. Gunakan Password Unik

Kalau Anda masih membuat password dengan menggunakan tanggal lahir, hari penting bersama keluarga atau pasangan sebaiknya segera mengubahnya. Kode password seperti tanggal lahir, nomor telepon, dan nomor rumah merupakan tipe-tipe password yang mudah ditebak oleh hacker untuk semakin cepat meretas akun Anda.

Sebaiknya anda menggunakan password dengan kombinasi angka, huruf, dan juga simbol untuk menghindari serangan cyber crime. Jika Anda kesusahan mengingat password kombinasi yang dibuat, aplikasi semacam LastPass tentu dapat membantu Anda menggunakan password unik.

Sebaiknya Anda tidak memasukan password atau email ke dalam link URL website palsu yang menyurapi website resmi suatu perusahaan atau lembaga terkait.

3. Hati-Hati Membuka Email

Pelaku cyber crime sering mengirimkan email kepada korban dengan berpura-pura sebagai pihak berwenang. Pelaku memberikan link URL yang mengarahkan korban untuk mengkliknya. Anda dapat terperangkap dalam rencana jahat yang sudah dipersiapkan oleh pelaku melalui link tersebut. Dalam link itu dapat mendownload aplikasi yang disusupi malware.

Jika Anda curiga sebaiknya melakukan verifikasi kepada perusahaannya langsung untuk memastikan apakah email tersebut kredibel atau tidak.

4. Rutin Updated

Lakukan dengan rutin meng-updated sistem operasi Android atau iOS maupun pada sistem manajemen di website Anda. Memutakhirkan sistem operasi dapat menjadi salah satu cara terhindar dari cyber crime.

Jika Anda menggunakan Windows misalnya, akan ada notifikasi adanya permintaan updated. Sebaiknya segera melakukan updated sesuai yang direkomendasikan. Hal ini berlaku juga bagi pengguna MacOS maupun Linux.

Jika anda menggunakan website atau blog lakukan juga updated setiap kali ada versi terbaru. Anda bisa melakukannya secara langsung melalui halaman dashboard atau menggunakan langkah manual. Selain meningkatkan keamanan, Anda juga akan mendapatkan fitur terbaru yang lebih canggih.

Tidak hanya itu, jangan lupa untuk selalu melakukan updated tema, dan plugin website Anda. Anda bisa melakukannya sekaligus atau bertahap sesuai dengan kemampuan server Anda.

5. Gunakan Hosting yang Aman

Apabila anda memiliki website bisnis, blog pribadi, atau laman perusahaan sebaiknya menggunakan layanan hosting yang aman sebagai upaya melindungi website Anda. Hosting adalah sebuah layanan yang digunakan untuk menyimpan data website agar dapat diakses di internet. Layanan hosting dengan perlindungan keamanan khusus dapat membantu Anda mencegah aksi cyber crime.

Niagahoster salah satu penyedia layanan hosting memiliki fitur Imunify360 yang mampu memberikan proteksi dari serangan malware. Proactive defense untuk memblokir ancaman secara realtime. Sedangkan patch management akan meng-updated server ke versi terbaru secara otomatis. Adapun jenis hosting yang disediakan oleh Niagahoster yaitu shared hosting, cloud hosting, dan VPS Indonesia terbaik.

6. Pasang SSL

Pernah memperhatikan ikon gembok yang berada sebelum alamat URL website? Ikon itu merupakan tanda bahwa website tersebut menggunakan SSL. Pengunjung laman Anda akan lebih percaya dengan website Anda dengan melihat ikon gembok tersebut. Hal ini karena pengunjung meyakini bahwa website Anda memang aman untuk dikunjungi karena telah mengaktifkan SSL.

Anda harus memasang SSL karena sertifikat SSL menjamin keamanan yang berlapis. SSL menjamin bahwa setiap paket data yang ditukar antara website Anda dengan pengunjung yang mengaktifkan SSL akan dilindungi oleh teknik enkripsi paling mutakhir. Hal ini tentu saja dapat membuat Anda terhindar dari tindakan pencurian data yang dilakukan oleh pihak tak diinginkan. Informasi apapun yang didapatkan tidak akan terbaca, karena teknik enkripsi tersebut.

Nah, Anda dapat mencegah aksi cyber crime dengan melakukan updated rutin, memasang SSL, menggunakan password yang unik, dan waspada ketika membuka email. Selalu lindungi diri dan reputasi bisnis Anda dari cyber crime!

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home