Loading...
SAINS
Penulis: Martahan Lumban Gaol 19:20 WIB | Rabu, 10 Februari 2016

Tips Lawan Kanker ala Rima Melati, Merengek pada Tuhan

Aktris senior, Marjolien Tambajong atau lebih dikenal dengan nama Rima Melati. (Foto: Martahan Lumban Gaol)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Aktris senior, Marjolien Tambajong atau lebih dikenal dengan nama Rima Melati, menyarankan masyarakat meraba seluruh bagian tubuh ketika mandi. Bila menemukan benjolan di salah satu bagian tubuh, segera berkonsultasi dengan dokter.

“Raba seluruh bagian tubuh ketika mandi, kalau menemukan benjolan, pergi ke dokter. Kalau perlu melakukan operasi,” kata Rima saat berbicara dalam peluncuran buku ‘Anakku Malaikatku’ di Toko Buku Kinokuniya, Plaza Senayan, Jakarta Selatan, hari Rabu (10/2).

Selain berkosultasi dengan dokter, Rima (76) yang mengaku pernah divonis mengidap kanker payudara saat usianya menginjak 42 tahun itu juga berpesan agar tidak lupa untuk selalu merengek kepada Tuhan.

"Kita memang harus merengek kepada Tuhan kalau mau sesuatu. Merengek yang bisa membuat kita jadi orang yang lebih baik dari sebelumnya. Karena saya yakin Tuhan adalah dokter di atas dokter," katanya.

Kemudian, Rima menciratakan, gejala kanker dirasakannya ketika mandi, saat sedang melumurkan sabun di sekujur tubuhnya, dia menemukan benjolan kecil di payudaranya. Namun, saat itu dia mengabaikan temuan tersebut, benjolan itu hanya dianggap seperti ‘mainan’ saja.

"Tapi lama-lama sakit itu benjolannya, kan tambah besar. Akhirnya saya diajak suami saya untuk cek ke dokter dan dibilang dokter kena kanker payudara stadium 3B," katanya.

Hingga akhirnya Rima diajak oleh sang suami, Frans Tumbuan untuk berobat ke Kota Rotterdam, Belanda, hingga akhirnya dinyatakan sembuh.

Meski telah dinyatakan sembuh dan terbebas dari kanker payudara, Rima mengaku tetap menjaga pola hidupnya. Salah satunya adalah dengan tidak lagi mengonsumsi daging. Kini, dia mengaku hanya mengonsumsi ayam, ikan, dan sayur-sayuran, seperti toge, bayam, serta kacang panjang.

“Saya tidak pernah makan daging lagi, saya hanya makan ayam, ikan, sayur, kebanyakan saya makan nasi pake sayur, kebanyakan toge. Tapi jangan makan kangkung, karena itu ada pemicu kankernya, bayam oke, tapi banyak toge dan kancang panjang. Saat bangun pagi saya ambil apel dan wortel untuk dijus, kemudian saya minum cappucino supaya tidak langsung tidur, kemudian banyak minum the,” ujarnya.

Kemudian, Rima menyarankan, agar masyarakat banyak mengonsumsi air putih. Sebab, air putih akan memperlancar pembuangan zat-zat yang berpotensi menyebabkan kanker. “Kalau mau sehat semuanya tergantung dari kita sendiri,” katanya.

Terakhir, Rima menyarankan pria juga memeriksa payudaranya sendiri. Sebab, walaupun jumlahnya tidak sebanyak pada perempuan, penyakit kanker payudara bisa menyerang kaum pria.

"Para pria, kalau ada yang aneh langsung ke dokter. Pak, jangan malas periksa payudata sendiri karena biar kecil, tapi tetap aja itu payudara," ujarnya.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home