Loading...
INDONESIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 14:21 WIB | Rabu, 28 Mei 2014

Todung Mulya Lubis: Jokowi Mampu Pimpin Indonesia

Todung Mulya Lubis: Jokowi adalah harapan bagi Indonesia. (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM -  Pengacara Todung Mulya Lubis menyatakan dukungannya terhadap calon presiden dari PDI Perjuangan, Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Meskipun dia tidak berpihak pada partai manapun, Todung berpendapat bahwa Jokowi sangat mampu memimpin Indonesia selama periode lima tahun ke depan.

“Pada awalnya, saya termasuk yang berpendapat bahwa Jokowi sebaiknya menyelesaikan tugasnya sebagai gubernur,” kata dia pada konferensi pers Manifesto Rakyat tak Berpartai di Cikini, Jakarta, Senin (26/5). “Banyak permasalahan yang ada di DKI ini yaitu kemacetan, kampung-kampung yang tidak pernah dibenahi dan banjir yang selalu datang. Permasalahan ini membutuhkan pemimpin yang mau terjun langsung untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut.”

Namun, pendapatnya berubah ketika Todung mulai mengikuti blusukan yang dilakukan oleh Jokowi dari kampung ke kampung. Dia berpendapat bahwa Jokowi mampu melawan tekanan-tekanan dari pihak-pihak tertentu. Misalnya dalam kasus Lurah Susan, Jokowi tidak mundur atau takut sedikit pun. Inilah salah satu sikap kepemimpinan dari Jokowi yang dianggap pantas untuk menjadi pemimpin negeri ini.

Todung menyatakan bahwa bangsa Indonesia ini merupakan bangsa yang majemuk yang terdiri dari beberapa agama, suku, bahasa, sosial, ideologi dan budaya. Dia berharap bahwa sosok Jokowi mampu mengatasi segala macam perbedaan yang ada. Todung juga menyinggung beberapa kasus kekerasan terhadap minoritas seperti GKI Yasmin, Ahmadiyah, Syiah, HKBP Filadelfia dan komunitas Yahudi di Surabaya. Menurutnya, mereka adalah warga negara Indonesia apapun agama yang mereka anut yang memiliki hak untuk beribadah sesuai dengan yang diyakini.

“Kita membutuhkan sosok pemimpin yang berkomitmen terhadap kemajemukan yang berani untuk melawan kelompok-kelompok yang sektarian. Jika tidak memiliki pemimpin yang seperti itu, Indonesia tidak akan ada lagi dalam peta dunia. Indonesia akan punah,” tambahnya.

“Dibalik sosoknya yang kurus, tinggi dan seolah-olah bisa tertiup oleh angin, saya melihat Jokowi sebagai sosok yang mampu memikul beban, tanggung jawab dan memberikan harapan bagi Indonesia.”

Todung juga memberikan pengertian bahwa tidak semua permasalahan yang terjadi di Indonesia ini mampu diatasi dalam waktu lima tahun. Namun, dia tetap optimis bahwa setidaknya Jokowi mampu menyelesaikan sebagian permasalahan yang melanda Indonesia.

“Misalnya persoalan kaki lima, rumah susun dan Lurah Susan merupakan contoh masalah yang mampu dia selesaikan. Ini membuktikan bahwa dia merupakan pemimpin yang doer  bukan talker,” kata dia kepada satuharapan.com.

Todung yakin bahwa partai tidak akan mampu mengendalikan kinerja Jokowi. Sebagai contoh, ketika Jokowi menjabat sebagai Gubernur. “Sebagai gubernur saja partai tidak mampu mengendalikannya apalagi ketika dia menjabat sebagai presiden,” tambahnya.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home