Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 19:28 WIB | Senin, 06 Juli 2015

Tokyo Pasang Kuda-Kuda Jangan Sampai Bernasib Seperti Yunani

Warga Yunani berkerumun di jalanan kota Athena menolak bailout. (Foto: reuters.com).

TOKYO, SATUHARAPAN.COM – Para Pembuat kebijakan pemerintah Jepang  berjanji untuk bekerja sama  menjaga  volatilitas pasar keuangan  agar tidak perlu mengalami situasi gagal bayar seperti Yunani.

“Hubungan ekonomi dan keuangan langsung antara Jepang dan Yunani terbatas. Tapi pemerintah dan pejabat Bank of Japan (BOJ) telah mengadakan diskusi  untuk memastikan Jepang merespon dengan lancar atas setiap respon pasar yang diperlukan,” kata Gubernur Bank Of Japan (BOJ) Haruhiko Kuroda  dalam sebuah pernyataan seperti diberitakan japantimes.co.jp, Senin (6/7).

Pada sisi lain, Menteri Keuangan Jepang, Taro Aso mengatakan bahwa keuangan Jepang untuk sementara masih mengacu kepada pasar Eropa.

“Saya mengerti bahwa negara-negara Eropa  menyerukan pada pemerintah Yunani untuk bertindak secara bertanggung jawab,”  Aso mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Pada Senin (6/7) nilai tukar yen menguat terhadap dolar dan euro pada awal perdagangan setelah pemilih Yunani menolak opsi Uni Eropa dengan istilah bailout.

Lembaga keuangan Jepang memiliki eksposur yang sangat terbatas dan hampir tidak terlibat dengan utang Yunani, sementara perdagangan langsung Jepang dengan Yunani juga minim.

Kuroda dan Aso tidak memerinci langkah pemerintah Jepang  dalam merespon situasi apabila  perkembangan ekonomi Yunani semakin memburuk. (japantimes.co.jp)

Ikuti berita kami di Facebook

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home