Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:04 WIB | Sabtu, 09 Juni 2018

Topan Aletta Bertambah Kuat jadi Badai Kategori 4

Ilustrasi. Topan Aletta telah terbentuk di Pasifik, dan menjadi topan besar di Pasifik (Foto: weather.com)

MEXICO CITY, SATUHARAPAN.COM –Topan Aletta pada Jumat (8/6), bertambah kuat jadi Badai Kategori 4 pada Skala Saffir-Simpson, saat berada 815 kilometer di sebelah barat-daya Pelabuhan Manzanillo di Negara Bagian Colima, kata Dinas Meteorologi Nasional (SMN).

Satu laporan SMN mengatakan, pada pukul 10.00 waktu setempat, Aletta "berkecepatan maksimum 220 kilometer per jam dan embusan sampai 270 kilometer per jam".

Aletta adalah badai pertama di Pasifik Timur pada musim ini, yang dimulai secara resmi pada 15 Mei dan akan berlangsung sampai 30 November.

Kondisi itu telah meningkatkan ancaman hujan sangat lebat yang diprakirakan mengguyur Negara Bagian Jalisco, Colima, Michoacan dan Nayarit di Meksiko Barat, demikian laporan Xinhua, Sabtu (9/6) pagi.

SMN juga melaporkan, front cuaca baru di sebelah selatan Teluk Tehuantepec di Meksiko Tenggara, yang dapat berubah menjadi badai.

Lembaga cuaca tersebut juga menyarankan, penduduk di daerah yang diduga akan paling terpengaruh agar melakukan langkah pencegahan, karena risiko hujan, angin dan gelombang kuat.

Komisi Air Nasional Meksiko (Conagua) memperkirakan 32 badai untuk musim ini, empat lebih banyak daripada rata-rata, dan 18 di Pasifik sementara 13 di Atlantik. (Antaranews.com)

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home