Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 07:26 WIB | Sabtu, 14 November 2020

Topan Vamco Melanda Filipina, 42 Tewas

Topan Vamco Melanda Filipina, 42 Tewas
Seorang polisi membawa barang-barangnya melintasi puing-puing dan lumpur di desa Kasiglahan yang rusak akibat topan Vamco di Rodriguez, Provinsi Rizal, Filipina pada hari Jumat (13/11/2020). Lumpur tebal dan puing-puing menumpuk di banyak desa di sekitar ibu kota Filipina, hari Jumat setelah Topan Vamco menyebabkan banjir yang luas yang membuat warga mengungsi ke atap rumah mereka dan menewaskan puluhan orang. (Foto: AP)
Topan Vamco Melanda Filipina, 42 Tewas
Warga berjalan di lumpur dan puing-puing saat mereka mengambil barang-barang dari rumah mereka di desa Kasiglahan, di Rodriguez, Provinsi Rizal, Filipina pada hari Jumat (13/11/2020). (Foto: AP)

MANILA, SATUHARAPAN.COM-Lumpur tebal dan puing-puing menimbun banyak desa di sekitar ibu kota Filipina pada hari Jumat (13/11) setelah topan menewaskan sedikitnya 42 orang dan menyebabkan banjir besar yang membuat orang mengungsi ke atap rumah mereka, kata para pejabat.

Pasukan, polisi, penjaga pantai, dan tim tanggap bencana menyelamatkan puluhan ribu orang, termasuk banyak yang membanjiri jaringan radio dan televisi dan media sosial dengan permohonan bantuan.

Banjir surut dan cuaca cerah di banyak daerah setelah Topan Vamco bertiup ke Laut China Selatan pada hari Jumat, tetapi militer mengatakan masih berusaha menyelamatkan orang-orang yang terjebak di beberapa komunitas yang banjir.

Kendaraan serbu amfibi yang biasanya digunakan dalam operasi kontra pemberontakan dikerahkan untuk pekerjaan penyelamatan, kata kepala staf militer, Jenderal Gilbert Gapay, dalam pertemuan dengan pejabat tanggap bencana. “Kami akan terus mencari yang hilang, membantu dalam mendata kerusakan,” kata Gapay.

Banjir Besar

Polisi nasional melaporkan bahwa jumlah korban tewas telah meningkat menjadi sedikitnya 42 orang dengan 20 orang hilang. Badan tanggap bencana utama pemerintah, yang menunggu laporan provinsi dan mengikuti proses yang melelahkan untuk memverifikasi korban, melaporkan jumlah kematian yang jauh lebih rendah, menyebabkan kebingungan.

Di antara korban tewas setidaknya 12 penduduk desa yang digali dari lumpur dan tanah longsor di Provinsi Cagayan dan Nueva Vizcaya, kata polisi.

Setelah menghantam Provinsi Quezon, Topan Vamco memperoleh kekuatan dengan kecepatan angin 155 kilometer per jam dan hembusan hingga 255 kph. Topan bertiup ke utara metropolitan Manila pada hari Rabu malam, menumbangkan pohon dan tiang listrik, sungai meluap, membanjiri perumahan dan memicu tanah longsor dan gelombang badai.

Di kota Marikina yang terpukul parah di wilayah ibu kota dan kota Rodriguez dan Cainta di provinsi Rizal yang berdekatan, beberapa desa tergenang air yang mencapai lantai dua dan tiga pada sejumlah rumah, mendorong ratusan penduduk mengungsi ke atap mereka dan menelepon. Jaringan televisidan radio atau memposting pesan putus asa itu di media sosial. Kepanikan itu diperburuk oleh pemadaman listrik yang meluas dan hilangnya akses internet.

Video Marikina menunjukkan lapisan tebal air berlumpur menutupi jalan dan masuk rumah dan mobil. Penduduk membawa peralatan dan furnitur dari rumah mereka dan menggunakan ember dan sekop untuk membuang lumpur setelah air surut.

Di Mana Presiden?

Dalam pertemuan Kabinet dan pejabat tanggap bencana yang disiarkan televisi pada hari Jumat, seorang reporter bertanya di mana Presiden Rodrigo Duterte berada, memicu tanggapan kesal dari juru bicaranya.

“Keberadaan presiden tidak perlu ditanyai. Kebodohan itu datang dari pihak oposisi. Presiden tidak hilang, dia selalu bersama kami,” kata juru bicara kepresidenan, Harry Roque, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Lebih dari 400.000 orang dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi sebelum topan melanda, sebagian besar penduduk pesisir yang rentan dan daerah dataran rendah.

Setidaknya 3,8 juta rumah tangga kehilangan aliran listrik di ibu kota dan provinsi-provinsi terpencil, tetapi para petugas kemudian memulihkan listrik di banyak daerah. Kantor pemerintah ditutup dan sebagian besar sekolah ditangguhkan pada hari Jumat.

Topan Vamco menghantam Filipina setelah Topan Goni, salah satu topan terkuat di dunia tahun ini, yang menyebabkan lebih dari 30 orang tewas atau hilang dan merusak atau menghancurkan 270.000 rumah. Puluhan ribu orang masih mengungsi saat Vamco melanda.

Filipina dilanda sekitar 20 topan dan badai tropis setiap tahun dan juga memiliki patahan seismik dan gunung berapi aktif, menjadikannya salah satu negara paling rawan bencana di dunia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home