Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:13 WIB | Rabu, 05 Oktober 2016

Tour de Makassar Kenalkan Destinasi Wisata Sulsel

Ilustrasi: Lomba Balap Sepeda. (Foto: Antara/M Agung Rajasa)

MAKASSAR, SATUHARAPAN.COM  - “Kejuaraan balap sepeda Tour de Makassar pada November 2016, bukan hanya untuk kegiatan prestasi namun juga memperkenalkan destinasi wisata Sulawesi Selatan kepada peserta mancanegara,“ kata ketua panitia, Candra S Djania.

“Tour de Makassar ini begitu tepat sebagai ajang promosi untuk memperlihatkan potensi wisata yang kita miliki. Kita juga sekaligus meminta dukungan seluruh pihak untuk menyukseskan kegiatan internasional ini,” katanya di Makassar, Rabu (5/10).

Ia mengatakan, Sulsel memang memiliki banyak potensi wisata alam yang tentunya bisa menarik masyarakat internasional untuk hadir dan menikmati secara langsung.

Tiga kabupaten/kota yang akan dilintasi para peserta balap, yakni Makassar, Kabupaten Bone, dan Parepare, katanya, juga tentunya menjadi peluang besar bagi setiap daerah untuk mempersiapkan diri dalam mengoptimalkan agenda internasional tersebut.

Beberapa potensi wisata di daerah yang telah sukses melaksanakan kejuaraan internasional, seperti Sumatera (Tour de Singkarak) atau Jawa (Tour Banyuwangi), memang terbukti dapat memberikan efek positif bagi peningkatan jumlah pariwisata.

Pihaknya pun berharap, hal yang sama dengan sejumlah daerah itu, karena ajang yang akan dilaksanakan pada 11-13 November 2016 tersebut memang direncanakan diiikuti puluhan negara.

Dia mengaku termotivasi dan bertekad untuk memberikan sesuatu bagi pariwisata di Sulsel.

Menurut dia, jika ajang perdana itu berjalan sukses, tentu berpeluang masuk sebagai agenda tahunan dari Pengurus Besar ikatan Sport Sepeda Indonesia pada masa mendatang.

"Kita tidak boleh kalah dengan daerah lain yang telah sukses memanfaatkan ajang internasional seperti itu untuk menarik banyak wisatawan," katanya.

Sebanyak 18 negara yang diharapkan kehadirannya untuk meramaikan ajang internasional itu, di antaranya Australia, Kanada, Prancis, Rusia, Jerman, Tiongkok, Korea Selatan, Selandia Baru, dan sejumlah negara dari Asia Tenggara termasuk Indonesia selaku tuan rumah.

Seluruh peserta, akan diundang langsung oleh Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) yang juga bertindak selaku panitia pusat di Jakarta.

Namun begitu, informasi terkini menyebutkan sejumlah atlet atau pembalap ternama menyatakan kesiapannya ambil bagian, termasuk yang baru saja berlaga di ajang Tour de Singkarak.

"Kami tentunya berharap, semakin banyak peserta yang hadir sehingga kualitas kejuaraan semakin maksimal. Apalagi ini merupakan ajang internasional yang sudah direncanakan dan ditunggu sejak lama," katanya. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home