Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 02:19 WIB | Rabu, 13 Juni 2018

Trump: Denuklirisasi Semenanjung Korea akan Terwujud

Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dalam upacara penandatanganan dokumen di Pulau Sentosa, Singapura, Selasa, 12 Juni 2018. (Foto: VOA/AP)

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM – Presiden AS Donald Trump menggelar keterangan pers guna menjelaskan pertemuan bersejarah dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, setelah sebelumnya kedua pemimpin menandatangani pernyataan bersama, pada Selasa (12/6/2018).

Trump mengatakan proses denuklirisasi Semenanjung Korea akan berlangsung secepat mungkin. Ia, seperti diberitakan Kantor Berita NHK, menegaskan, setibanya Kim di negaranya, pemimpin Korea Utara tersebut akan memulai proses yang bisa membuat banyak orang merasa aman dan bahagia.

“Kita akan mendenuklirisasi Korea Utara,” kata Trump kepada kontributor VOA, Greta Van Susteren.

“Kami akan menempatkan banyak orang di sana, dan kami akan bekerja sama dengan mereka mengenai banyak hal lagi. Tapi ini akan merupakan denuklirisasi Korea Utara secara tuntas dan ini akan diverifikasi,” ujar Trump.

Trump juga memprediksi Kim akan segera bekerja untuk “merealisasikan” kesepakatan mereka.

Trump, mengutip dari NHK, juga mengatakan sanksi atas Pyongyang masih diterapkan sampai apa yang ia gambarkan sebagai “bahaya kekuatan nuklir” dihilangkan. Trump mengatakan Kim menyampaikan kepadanya bahwa Korea Utara telah menghancurkan satu lokasi uji mesin rudal.

Belakangan, pada konferensi pers, seperti dilaporkan VOA, Trump mengumumkan satu konsesi untuk Korea Utara, dengan mengatakan Amerika akan mengakhiri apa yang ia sebut latihan perang yang mahal dan “sangat provokatif” dengan Korea Selatan. (NHK/VOA)

Editor : Sotyati

Back to Home